FWD Adalah Sistem Penggerak Roda Depan, Apa Kelebihannya?

fwd2

FWD adalah singkatan dari Front Wheel Drive. FWD ini merupakan salah satu jenis sistem penggerak roda pada kendaraan. Sebenarnya, ada beberapa jenis sistem penggerak roda lainnya, seperti RWD dan AWD. Untuk RWD biasanya banyak digunakan oleh kendaraan niaga. Tapi, saat ini kebanyakan kendaraan menggunakan sistem penggerak roda depan atau FWD. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa harus FWD yang banyak digunakan, maka berikut di bawah ini kelebihan menggunakan FWD.

sistem penggerak FWD
Sistem FWD

Biaya Produksi Lebih Murah

Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan, biaya produksinya lebih murah dibandingkan dengan mobil penggerak roda belakang. Hal ini disebabkan oleg spare part yang digunakan oleh FWD lebih sedikit. Selain itu pemasangan drivertrain (rangkaian komponen untuk memindahkan tenaga mobil ke roda) biaya produksinya lebih murah dan mudah. Jika biaya produksinya murah, maka mobil baru yang akan dijual akan lebih murah juga.

Berat Mobil Berkurang

Mobil yang menggunakan FWD, memiliki bobot yang lebih ringan. Hal ini disebabkan tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan yang berfungsi menyalurkan daya ke roda belakang. Mobil yang ringan juga dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakr yang irit. Maka tak heran jika mobil FWD banyak ditemukan pada tipe low MPV dan city car.

Traksi Lebih Bagus

Mobil yang menggunakan FWD memiliki performa traksi yang lebih bagus saat melintasi jalanan licin. Hal ini disebabkan karena roda atau ban depan yang menarik roda belakang, bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Ditambah mesin mobil yang berada di depan membantuk traksi FWD saat hujan menjadi lebih optimal.

Lebih Nyaman Ditumpangi

Mobil yang menggunakan FWD lebih nyaman untuk ditumpangi karena lantai kabin mobilnya didesain dengan rata, sehingga terasa lebih luas bagi pengemudi dan juga penumpang. Selain nyaman, mobil FWD akan lebih senyap karena tidak akan berisik akibat bunyi gardan belakang yang biasanya digunakan oleh sistem penggerak roda lainnya.

Sudah tahu kan sekarang FWD adalah sistem penggerak roda depan yang punya banyak kelebihan? Dan kenapa mobil saat ini banyak yang menggunakan sistem penggerak roda depan? Semoga bermanfaat!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan