4 Penyebab Lampu Indikator Mobil Bermasalah

lampu indikator

Lampu indikator mobil yang bermasalah hingga mati memang sangat membingungkan. Pasalnya, saat kunci kontak sudah diputar, tidak ada tanda-tanda lampu yang menyala. Bahkan terlihat mati total. Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan? Nah, supaya kamu tidak bingung, ketahui terlebih dahulu penyebab apa saja yang bisa membuat lampu indikator bermasalah hingga mati total. Berikut penyebabnya di bawah ini.

kelistrikan mobil

Sistem Kelistrikan Bermasalah

Lampu indikator mobil sangat berkaitan erat dengan kelistrikan. Maka, kamu bisa periksa bagian kabel lampu untuk memastikan dan mengeceknya apakah ada kabel yang putus, longgar atapun bermasalah. Namun, jika kamu tidak mengetahui rangkaian listrik pada mobil, kamu bisa membawanya ke bengkel atau memanggil seorang ahli teknisi yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

Sekring Mobil Putus

Sekring mobil yang putus bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sebab itu, kamu tidak boleh melewatkan bagian bagian sekring mobil untuk diperiksa. Pastikan sekring mobil masih berfungsi dan menyala. Untuk memudahkan mengeceknya, kamu bisa menggunakan Engine Control Unit (ECU) dari mobil lain untuk mengeceknya.

Aki Mobil Kotor

Aki mobil yang kotor dapat membuat lampu di indikator bermasalah hingga mati total. Sebab itu, bersihkan aki yang terdapat karat (korosi) dan serbuk putih di bagian kutub aki. Kotoran yang menempel di kutub aki dapat menghambat laju aliran listrik pada komponen-komponen mobil, termasuk lampu indikator. Selain itu, perhatikan juga apakah ada mur atau baut yang longgar? Sebaiknya pastikan mut atau baut aki kencang dan menempel pada kutub aki.

Kunci Kontak Rusak

Jika kamu sudah mengecek semua komponen di atas dan semuanya baik-baik saja. Bisa jadi adanya kerusakan di kunci kontak. Umumnya, permasalahan ini seringterjadi pada mobil-mobil lama yang belum memiliki smart engine. Maka, periksalah kunci kontak mobil kamu. Apakah memang baik-baik saja atau rusak. Akan tetapi jika mobil kamu ternyata sudah menggunakan smart engine, periksa bagian tersebut dan pastikan tidak terjadi masalah.

Itu dia beberapa penyebab lampu indikator mobil kesayangan kamu tidak menyala atau mati total. Periksa seluruh komponen-komponen di atas untuk mencari penyebabnya, sehingga kamu bisa segera mengatasinya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan