Tips Otomotif

5 Cara Menghilangkan Karat Mobil dengan Benar

Cara Menghilangkan Karat Mobil – Salah satu penyebab rusaknya bodi mobil adalah karena timbulnya karat yang menyebalkan. Biasanya, karat mobil ini akan muncul karena faktor dari usia mobil itu sendiri. Mobil yang jarang terkena polesan untuk dibersihkan, lalu sering juga terkena noda kotoran maka akan timbul satu titik karat yang bisa menyebar di area sekitarnya.

Dari kondisi ini, logam yang ada pada mobil akan mulai mengalami oksidasi atau biasa disebut sebagai korosi. Dikutip dari berbagai sumber, awal dari munculnya karat pada mobil adalah karena adanya lapisan cat pelindung metal pada mobil yang terkelupas. Ketika terkelupas, maka metal yang ada di dalamnya bisa terpapar udara luar sehingga menyebabkan munculnya karat.

Nah, ketika kamu melihat bodi mobil terdapat baret atau goresan yang cukup dalam sehingga bagian catnya mengelupas, ada baiknya segera dibersihkan bagian tersebut. Namun ketika mobil sudah terlanjur berkarat, maka sebenarnya ada cara untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Karat Mobil

Berikut beberapa cara menghilangkan karat mobil yang perlu kamu ketahui, selengkapnya silakan simak di bawah ini.

1. Menggunakan Cuka

Cuka adalah bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengilangkan karat yang masih sedikit. Kandungan asam asetat dan asam sitrat pada cuka terbukti sangat efektif untuk menghilangkan karat. Langkah pertama silakan bongkar bagian yang terkena karat dan rendam dengan air cuka selama 1-2 hari. Apabila karat masih terlihat, kamu bisa menggunakan sikat untuk hasil yang lebih efektif.

2. Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis ternyata tidak hanya efektif untuk menghilangkan noda pada baju saja, namun kandungannya juga bisa sangat efektif untuk menghilangkan karat pada mobil dengan cara yang cukup mudah.

Pertama, kamu harus menaburi bagian yang berkarat pada bodi mobil dengan garam, lalu rendam dalam air lemon atau jeruk nipis. Kamu juga bisa menggunakan sikat untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

3. Gunakan Baking Soda

Kandungan aktif di dalam baking soda ternyata sangat ampuh untuk menyingkirkan berbagai macam noda, termasuk salah satunya adalah karat mobil. Kamu hanya perlu menyikat bagian yang berkarat dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Lakukan proses ini hinga beberapa kali untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Gunakan Rust Remover

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan rust remover yang merupakan cairan khusus untuk menghilangkan karat dengan cara yang cukup mudah. Pertama kamu bisa merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam (tergantung usia karatnya), lalu sikat dengan menggunakan sikat besi. Untuk di pasaran sendiri, rust remover yang berkualitas memiliki harga sekitar Rp 100.000-Rp 150.000 untuk satu liternya.

5. Amplas dan Cat Ulang

Untuk cara yang terakhir ini hanya dilakukan ketika karat pada mobil sudah mulai mengkhawatirkan alias bisa menyebar ke bagian mobil lain. Langkah pertama adalah dengan cara mengamplas bagian mobil yang sudah mulai berkarat, kamu bisa menggunakan amplas manual atau bisa juga menggunakan sander dan grinder apabila permukaan mobil cukup luas.

Setelah bagian yang berkarat tersebut sudah dipastikan bersih, maka kamu hanya perlu menggunakan cat primer sebagai lapisan pertamanya. Untuk lapisan kedua menggunakan cat, dan clear coat untuk bagian finishingnya. Jangan lupa cuci dan juga poles bagian yang di cat tersebut untuk menghasilkan tampilan yang lebih maksimal.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022