Apa Itu Microsleep? – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Microsleep

Apa Itu Microsleep – Pernahkah kamu saat berkendara menggunakan mobil tiba-tiba merasakan kantuk yang berat dan tidak terasa tidur untuk beberapa saat? Jika pernah, itu adalah sebuah gangguan tidur yang dinamakan microsleep. Jika kamu sampai merasakan gangguan tidur ini, maka akan sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Lalu, apa itu microsleep? Dan apa saja yang menyebabkan gangguan ini bisa terjadi? Dikutip melalui laman resmi Auto2000, simak informasi lengkap tentang microsleep berikut ini.

Apa Itu Microsleep?

Microsleep adalah salah satu jenis dari gangguan tidur. Sesuai dengan namanya, microsleep ini adalah tidur yang terjadi dalam durasi sangat singkat. Biasanya microsleep terjadi hanya 5-10 detik saja. Walaupun singkat, ketika microsleep terjadi saat kamu sedang berkendara, maka tentu saja akan menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Selain itu, microsleep juga bisa membuat kamu menjadi kehilangan fokus. Di dalam beberapa kasus kejadian, microsleep dapat membuat kamu menjadi tidak ingat dengan kejadi 1-2 menit sebelumnya. Ketika sedang microsleep, seseorang biasanya akan menjatuhkan benda yang sedang dipegangnya.

Penyebab Microsleep Bisa Terjadi

Microsleep sendiri bisa terjadi karena beberapa sebab. Berikut di bawah ini adalah penyebab microsleep yang sering terjadil.

1. Gangguan Tidur

Orang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia ataupun apnea kemungkinan besar akan terserang microsleep ketika beraktivitas. Hal ini dikarenakan adanya penurunan kualitas dan kuantitas waktu tidur yang menyebabkan kinerja otak di siang hari menjadi menurun.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah salah satu penyebab dari terjadinya microsleep. Untuk seseorang yang sudah beranjak dewasa, setidaknya memerlukan 7 jam untuk tidur di malam hari. Durasi waktu tidur yang kurang tentu akan membuat kinerja otak menjadi turun dan menyebabkan microsleep terjadi.

3. Pola Tidur Berantakan

Microsleep juga bisa terjadi kepada seseorang yang memiliki pola tidur berantakan. Sebut saja seperti orang yang tidur pada siang hari, namun terjaga saat malam hari karena kondisi shift kerja. Hal ini tentu membuat pola tidur menjadi berantakan dan dapat menimbulkan microsleep.

Tips Menghindari Microsleep Ketika Berkendara

Untuk bisa terhindar dari microsleep, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

  • Penuhi kebutuhan tidur yang cukup. Untuk seorang yang sudah dewasa, tidurlah setidaknya 7-9 jam dalam satu hari. Apabila kamu kurang tidur, maka hindari mengemudi kendaraan terlebih dahulu.
  • Lakukan peregangan tubuh yang ringan untuk membuat badan kembali fit dan tidak merasa lelah.
  • Ketika melakukan perjalanan jarak jauh, ambil waktu istirahat di fasilitas rest area yang ada.
  • Makan dan minum sesuatu yang memiliki kandungan kafein seperti kopi. Setelah 30 menit ngopi, maka kamu bisa memulai mengemudi.
  • Coba untuk mendengarkan lagu favorit saat berkendara untuk menghilangkan rasa penat dan lelah. Atau kamu juga bisa mengobrol dengan penumpang agar terhindar dari kantuk berlebih.

Dan itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang microsleep. Walaupun terlihat sepele, namun jika microsleep terjadi saat kondisi yang tidak tepat seperti mengemudi mobil tentu akan membuat bahaya pada diri sendiri ataupun orang lain. Maka dari itu, ada baiknya penuhi waktu tidur mu agar kondisi tubuh selalu fit saat bangun di pagi hari. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan