Mau Mudik? Jangan Lupa Cek Kondisi Rem Mobil Kamu

Rem mobil adalah suatu bagian yang cukup vital yang dirancang untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan pada mobil. Ketika mau pergi mudik lebaran nanti, ada baiknya kamu mengecek sistem pengereman mobil agar kamu dan keluarga tetap aman selama di perjalanan. Cara mengeceknya juga cukup mudah, kok.

Cek Kondisi Rem Mobil

Bagian Rem yang Harus Diperiksa

Periksa Kampas Rem

Untuk mengecek kampas rem ada dua cara mudah. Pertama cukup lihat saja keadaan kampas rem masih tebal atau tidak. Kemudian cara lainnya, kamu juga bisa dengarkan apakah ada bunyi decitan yang dihasilkan gesekan kampas rem yang tipis dan piringan rem. Jika terdengar bunyi decitan, bisa diindikasikan bahwa kampas rem kamu sudah tipis. Setelah mengetahui kampas rem sudah tipis, segeralah kamu ke bengkel untuk mengganti kampas rem tersebut.

Dari semua elemen yang ada di sistem pengereman, kampas pada rem mobil merupakan elemen utama. Kampas rem adalah sebuah plat yang bergesekan dengan piringan rem untuk mengurangi kecepatan maupun menghentikan mobil.

Periksa Minyak Rem

Untuk yang satu ini, kamu juga perlu mengeceknya, karena minyak rem tidak boleh berkurang dari batas yang ada di reservoirnya. Jika kamu melihat tanki reservoir rem sudah berkurang, kamu perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu bisa sebagai indikasi kampas rem yang menipis atau adanya kebocoran pada saluran minyak rem.

Selain itu, kamu juga perlu mengecek kualitas minyak rem. Apakah sudah berubah menjadi warna hitam apa belum. Jika sudah berwarna coklat kehitam-hitaman, sebaiknya kamu ganti minyak rem tersebut.

Periksa Lampu Rem

Pada bagian ini adalah pengecekan yang paling mudah karena kamu cukup melakukan visual inspection. Kamu cukup melihat saja bagian lampu rem, apakah ada yang mati dari kedua sisi lampu rem atau tidak. Kalau pun tidak ada yang lampu mati, kamu juga perlu perhatikan apakah lampu rem masih menyala dengan baik atau tidak. Hal ini penting agar kamu bisa memberikan isyarat kepada pengedara di belakang mobil kamu bahwa kamu sedang mengurangi kecepatan ataupun sedang berhenti.

Jadi itulah hal-hal yang kamu harus cek pada rem mobil sebelum pergi mudik lebaran. Jika kamu tidak bisa melakukan pengecekan tersebut sendiri, sebaiknya kamu pergi ke bengkel untuk memeriksanya. Jangan sampai hanya karena rem mobil tidak pakem, kamu jadi tidak bisa ikut makan ketupat saat lebaran.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan