4 Penyebab Rem Mobil Macet yang Perlu Diketahui

Rem Mobil Macet

Rem Mobil Macet – Rem adalah salah satu komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan bermotor khususnya mobil. Sistem kerja pada rem mobil perlu sekali diperhatikan kondisinya karena memang menyangkut keselamatan pengemudi serta penumpang didalamnya.

Salah satu kondisi bahaya yang ada pada rem adalah ketika mengalami macet atau ketika diinjak tidak bisa kembali seperti semula. Ternyata ada beberapa penyebab rem mobil macet yang perlu kamu ketahui, simak ulasan berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Penyebab Rem Mobil Macet

1. Rem Mulai Berkarat

Ketika sebuah komponen besi mulai berkarat dan kotor tentu saja akan sulit untuk digerakkan, nah hal tersebut bisa terjadi pada rem mobil. Kondisi ini bisa disebabkan karena ada kotoran seperti debu, lumpur, hingga tanah yang bisa sangat mudah masuk ke dalam komponen tersebut.

Sengatan panas matahari dan juga air hujan bisa menyebabkan komponen rem mobil menjadi lebih mudah untuk berkarat. Ketika rem timbul karat, maka kinerja rem mobil akan sangat berat sehingga bisa terjadi yang namanya vapour lock atau kondisi udara yang terjebak di dalam rem. Hal ini membuat besi pada sistem rem menjadi mudah berkarat.

2. Rem Tidak Digunakan Dalam Waktu yang Lama

Dimasa pandemi seperti saat ini mungkin banyak para pemilik mobil mendiamkan mobil kesayangannya di dalam garasi. Namun ketika mobil sudah lama tidak digunakan akan mengakibatkan penurunan fungsi dari rem mobil itu sendiri. Hasilnya tentu kinerja rem menjadi tidak maksimal karena adanya perubahan suhu.

Perubahan suhu ini bisa membuat rem mudah berkarat terutama pada bagian permukaan cakram yang cukup vital. Kondisi minyak atau oli pada rem yang tidak lama digunakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat titik didihnya menurun. Ketika sudah seperti ini, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan terhadap sistem rem serta mengganti komponennya dengan yang baru.

3. Rem Sudah Kedaluwarsa

Layaknya seperti komponen mobil lainnya, rem juga tentu memiliki usia pakai atau waktu kedaluwarsanya. Terlebih untuk rem jenis seal yang berbahan dari karet. Masa kadaluarsa rem jenis seal ini bisa diketahui dari tekstur karetnya yang mulai mengeras dan juga kaku. Akibat kondisi ini, piston rem hanya akan terkunci di satu sisi saja sehinga pergerakannya menjadi tidak leluasa alias terkunci.

Inilah yang menjadi sala satu penyebab rem mobil tidak balik lagi setelah ditekan, ditandai dengan susahnya rem pada saat digerakkan. Ada baiknya segera lakukan penggantian rem yang sudah mengeras dengan yang baru sehingga pada saat rem diinjak tidak macet lagi.

4. Rem Terlalu Rapat Saat Disetel

Penyebab rem mobil macet yang terakhir adalah karena penyetelan rem yang terlalu rapat. Perlu kamu ketahui bahwa rem mobil butuh sebuah ruang yang cukup untuk bergerak, jadi ketika saat penyetelan terlalu rapat tentu akan mengurangi ruang gerak rem itu sendiri.

Baik rem cakram ataupun rem tromol perlu diperhatikan jarak bebas atau free playnya pada saat disetel. Perhatikan juga apakah ada kerapatan antara kampas rem dan juga permukaan tromol pada saat dipasang. Kedua komponen perlu ruang bebas sehingga rem pun menjadi lebih enak pada saat digerakkan. Ketika kondisi penyetelan rem terlalu rapat ini terjadi, maka kamu hanya perlu melakukan penyetelan ulang dengan memerhatikan tingkat kerapatannya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan