Tips Otomotif

4 Penyebab Rem Mobil Macet yang Perlu Diketahui

Rem Mobil Macet – Rem adalah salah satu komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan bermotor khususnya mobil. Sistem kerja pada rem mobil perlu sekali diperhatikan kondisinya karena memang menyangkut keselamatan pengemudi serta penumpang didalamnya.

Salah satu kondisi bahaya yang ada pada rem adalah ketika mengalami macet atau ketika diinjak tidak bisa kembali seperti semula. Ternyata ada beberapa penyebab rem mobil macet yang perlu kamu ketahui, simak ulasan berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Penyebab Rem Mobil Macet

1. Rem Mulai Berkarat

Ketika sebuah komponen besi mulai berkarat dan kotor tentu saja akan sulit untuk digerakkan, nah hal tersebut bisa terjadi pada rem mobil. Kondisi ini bisa disebabkan karena ada kotoran seperti debu, lumpur, hingga tanah yang bisa sangat mudah masuk ke dalam komponen tersebut.

Sengatan panas matahari dan juga air hujan bisa menyebabkan komponen rem mobil menjadi lebih mudah untuk berkarat. Ketika rem timbul karat, maka kinerja rem mobil akan sangat berat sehingga bisa terjadi yang namanya vapour lock atau kondisi udara yang terjebak di dalam rem. Hal ini membuat besi pada sistem rem menjadi mudah berkarat.

2. Rem Tidak Digunakan Dalam Waktu yang Lama

Dimasa pandemi seperti saat ini mungkin banyak para pemilik mobil mendiamkan mobil kesayangannya di dalam garasi. Namun ketika mobil sudah lama tidak digunakan akan mengakibatkan penurunan fungsi dari rem mobil itu sendiri. Hasilnya tentu kinerja rem menjadi tidak maksimal karena adanya perubahan suhu.

Perubahan suhu ini bisa membuat rem mudah berkarat terutama pada bagian permukaan cakram yang cukup vital. Kondisi minyak atau oli pada rem yang tidak lama digunakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat titik didihnya menurun. Ketika sudah seperti ini, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan terhadap sistem rem serta mengganti komponennya dengan yang baru.

3. Rem Sudah Kedaluwarsa

Layaknya seperti komponen mobil lainnya, rem juga tentu memiliki usia pakai atau waktu kedaluwarsanya. Terlebih untuk rem jenis seal yang berbahan dari karet. Masa kadaluarsa rem jenis seal ini bisa diketahui dari tekstur karetnya yang mulai mengeras dan juga kaku. Akibat kondisi ini, piston rem hanya akan terkunci di satu sisi saja sehinga pergerakannya menjadi tidak leluasa alias terkunci.

Inilah yang menjadi sala satu penyebab rem mobil tidak balik lagi setelah ditekan, ditandai dengan susahnya rem pada saat digerakkan. Ada baiknya segera lakukan penggantian rem yang sudah mengeras dengan yang baru sehingga pada saat rem diinjak tidak macet lagi.

4. Rem Terlalu Rapat Saat Disetel

Penyebab rem mobil macet yang terakhir adalah karena penyetelan rem yang terlalu rapat. Perlu kamu ketahui bahwa rem mobil butuh sebuah ruang yang cukup untuk bergerak, jadi ketika saat penyetelan terlalu rapat tentu akan mengurangi ruang gerak rem itu sendiri.

Baik rem cakram ataupun rem tromol perlu diperhatikan jarak bebas atau free playnya pada saat disetel. Perhatikan juga apakah ada kerapatan antara kampas rem dan juga permukaan tromol pada saat dipasang. Kedua komponen perlu ruang bebas sehingga rem pun menjadi lebih enak pada saat digerakkan. Ketika kondisi penyetelan rem terlalu rapat ini terjadi, maka kamu hanya perlu melakukan penyetelan ulang dengan memerhatikan tingkat kerapatannya.

Artikel Terbaru

Mobil Termurah di Indonesia Cuma 100 Juta

Daihatsu Ayla 1.0 D MT merupakan mobil termurah di Indonesia pada masa kini. Daihatsu Alya… Selengkapnya

28 Mei 2022

Rekomendasi Velg All New Avanza Agar Tambah Gahar

Avanza merupakan salah satu mobil idaman bagi masyarakat Indoesia. Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap,  Harga… Selengkapnya

28 Mei 2022

Sunroof Bocor? Apa Sebabnya?

Sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak di atap mobil. Fungsinya untuk melihat pemandangan dari… Selengkapnya

27 Mei 2022

Kenapa Sunroof HR-V Terbaru Hanya Bisa Dibuka Secara Manual?

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak pada bagian atas mobil. Fitur ini berfungsi… Selengkapnya

26 Mei 2022

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna!

Mobil Taruna merupakan salah satu jenis mobil SUV yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu dan diperkenalkan… Selengkapnya

26 Mei 2022

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022