Jarang Diketahui, Inilah Fungsi Warna Air Radiator

Apa fungsi warna air radiator? Mungkin beberapa orang sering memperhatikan air radiator yang memiliki warna-warna tertentu. Air radiator ini memang memiliki fungsi vital yang penting dalam sebuah mesin kendaraan.

Tetapi, tahukah kamu? Air radiator berfungsi untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin, sebab air radiator dapat menjaga suhu mesin menjadi tetap stabil. Disamping itu, warna air radiator  ternyata memiliki arti tersendiri.

Warna Air Radiator

Air radiator yang beredar di pasaran umumnya berwarna hijau atau pink. Air radiator ini memiliki beberapa kandungan chemical seperti diethylene glycol, ethylen glycol, sodium neodecanoate, rust inhibitor, dan sodium 2-ethylhexanoate.

Namun, chemical ini tidak memberikan pengaruh terhadap warna yang dihasilkan. Sebab warnanya memang sengaja dibuat untuk memenuhi unsur estetika, branding, atau ciri khas pabrikan. Selain itu, fungsi yang paling terpenting dari warnanya ini digunakan sebagai patokan atau indikator yang dapat digunakan untuk membedakan kebocoran yang terjadi dalam mesin dengan cairan yang lainnya.

Hal ini tentu saja dapat membantu mempermudah teknisi mesin ketika mengecek masalah yang sedang terjadi di mesin mobil kamu. Walaupun demikian, kamu tidak boleh asal memilih air radiator, sebab air radiator yang tak berkualitas tidak dapat menjaga suhu mesin tetap stabil dan dikhawatirkan malah akan merusak mesin mobil. Tapi, perlu diingat juga bahwa warna ini tidak mempengaruhi kualitas.

Bolehkah Mencampur Air Radiator?

Air radiator memang harus diisi kembali jika telah mencapai batas minimum. Air radiator yang memiliki warna berbeda sebenarnya diperbolehkan dicampur jika kandungan didalamnya sama. Hanya saja, perlu kamu ketahui, perbedaan warna air radiator ini dapat menyebabkan perubahan warna menjadi sekunder dan tidak dapat dikenali dari pabrikan tertentu.

Selain itu, apakah air radiator boleh dicampur dengan air biasa? Ya, hal ini ternyata boleh dilakukan selama air yang digunakan sudah terjamin tingkat kebersihannya. Tetapi, pemakaian air biasa ini hanya boleh digunakan dalam jangka waktu singkat saja, sebab air biasa tidak dapat menjaga suhu secara optimal.  

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan