4 Penyebab Rem Blong yang Wajib Diketahui

Penyebab Rem Blong

Mengetahui sebuah informasi dari penyebab rem blong sendiri memang wajib kamu ketahui. Karena memang rem mobil sendiri memiliki fungsi yang sangat penting di dalam mobil. Salah satu sistem keselamatan di dalam sebuah kendaraan ini perlu dirawat dengan baik. Karena ketika rem mobil sudah blong, maka sistem pengereman yang mampu menghentikan mobil tidak lagi bekerja dengar baik.

Hal tersebut tentu saja akan membuat hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Adanya sebuah masalah, tentu saja karena ada penyebabnya, dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut 4 penyebab rem blong yang wajib kamu ketahui selengkapnya.

Penyebab Rem Blong Saat Berkendara

Sebenarnya kejadian rem blong ini bisa kamu hindari dengan catatan selalu melakukan pemeriksaan mobil secara berkala. Dan ketika mobil jarang dilakukan perawatan atau servis, maka tentu tinggal menghitung waktu saja hingga rem blong bisa terjadi.

1. Minyak Rem Kurang

Sebelum bepergian, cek terlebih dahulu bagian minyak rem mobil. Karena salah satu penyebab rem blong adalah kurangnya kuantitas minyak rem di dalamnya. Kondisi ini tentu membuat sistem pengereman menjadi sangat sulit untuk dikendalikan. Maka dari itu, kamu perlu melakukan pengecekan rutin terhadap minyak rem agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

2. Uap Air Ikut Mempengaruhi

Kenapa uap air bisa menjadi salah satu penyebab rem blong? Perlu diketahui, ketika udara masuk ke dalam sistem pengeram, maka akan muncul yang namanya uap air. Uap air ini muncul karena adanya proses oksidasi. Dan hadirnya uap air ini bisa mengganggu sistem pengereman mobil kamu. Ketika dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama, uap air ini akan membuat minyak rem menjadi panas

Dan ketika minyak sudah menjadi panas, maka sistem pengereman pun akan terganggu dan membuat fungsi rem menjadi tidak berfungsi dengan maksimal.

3. Terlalu Lama Menginjak Pedal Rem

Kebiasaan dari pengemudi saat ini adalah terlalu sering menginjak pedal rem yang lama. Padahal, dengan melakukan itu bisa menyebabkan rem menjadi blong. Hal ini bisa terjadi karena adanya gaya gesek antara pedal dengan kaki secara terus menerus. Dan ini mengakibatkan kaliper menjadi panas dan rem pun menjadi tidak bekerja.

4. Jarang Dilakukan Perawatan

Melakukan perawatan terhadap seluruh komponen mobil adalah hal yang sangat penting, terutama pada komponen di dalam sistem pengereman. Karena memang jika satu komponen di dalam sistem pengereman mengalami kerusakan, maka akan membuat kondisi yang sangat fatal saat berkendara.

Dan itu dia 4 penyebab rem blong yang wajib kamu ketahui dan juga pahami. Hindari hal-hal yang memicu rem blong terjadi, semuanya demi keselamatan diri dan juga keluarga saat berkendara. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan