Mobil Jarang Dipakai Tapi Tetap Prima, Lakukan 5 Hal ini!

Mobil Jarang Dipakai Tapi Tetap Prima, Lakukan 5 Hal ini!

Mobil jarang dipakai dan disimpan lama di garasi kerap kali dianggap cepat awet. Akan tetapi, jika dibiarikan lama tanpa adanya perawatan begitu saja, tentu memiliki potensi kerusakan yang lebih besar dibanding yang sering digunakan. Ditambah beberapa komponen bisa rusak jika  mobil jarang sekali dinyalakan, seperti aki yang seharusnya memiliki siklus arus listrik untuk pengisian ulang menjadi melemah hingga tak berfungsi kembali.

Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Jarang Dipakai Tapi Tetap Prima

Mobil kamu bisa tetap prima walau jarang dipakai dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

Panaskan Mobil Secara Teratur

Walaupun mobil jarang dipakai, bukan berarti mobil mati total. Kamu harus menyalakan untuk memanaskan mesin mobil secara teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga komponen-komponen mobil tetp berfungsi dengan baik, seperti menjaga sirkulasi oli dan memastikan aliran listrik aman.

Perhatikan Bahan Bakar Mobil

Kamu harus menjaga isi tangki dari kelembaban. Sebab, jika tidak akan menyebabkan terbentuknya karat pada dinding tangki jika dibiarkan untuk jangka panjang. Ditambah, seal juga akan ikut mengering. Kamu bisa memastikan bahwa BBM terisi penuh dan kualitasnya tetap terjaga walaupun jarang digunakan.

Tekanan Angin Ban

Hal yang paling harus diperhatikan salah satunya adalah tekanan angin ban. Sebaiknya, pastikan ban mobil dan tekanan anginnya berada pada rekomendasi pabrikan. Apalagi jika mobil tidak akan dipakai untuk jangka waktu lebih dari satu bulan. Sebaiknya tambahkan juga sokongan jack stand agar ban tidak peang setelah berdiri statis cukup agak lama.

Gunakan Parking Brake

Mobil yang jarang dipakai sebaiknya menggunakan parking brake atau rem parkir. Apalagi jika kamu menggunakan jackstand. Sebab, saat rem parkir aktif, maka kampas akan menekan kuat permukaan orot atau drum. Jika hal ini terjadi terlalu lama maka keduanya bisa menempel terus dan tidak mau lepas walaupun rem tangan dinonaktifkan.

Cuci Mobil

Walaupun mobil jarang dipakai, sebaiknya cuci bagian eksterior hingga interior mobilnya agar kotoran atau debu tidak menempel di bodi mobil dan interior bersih, sehingga tidak akan mengundang hewan pengerat seperti tikus agar tidak masuk ke kabin mobil. Setelah mobil dicuci, pastikan dibungkus penutup, apalagi jika mobil diparkir di tempat yang terbuka. Terakhir, kamu bisa menutup celah-celah ke mesin seperti knalpot agar tidak ada hewan yang menyelinap.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan