Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Ganti Velg Mobil

Memilki penampilan mobil yang keren adalah keinginan semua pemiliki mobil.  Biasanya, untuk mendapatkan penampilan keren tersebut para pemilik mobil melakukan modifikasi. Salah satu modifikasi yang paling banyak dilakukan adalah dengan mengganti velg standar OEM dengan velg aftermarket.

Modifikasi mobil dengan ganti velg banyak dipilih karena termasuk modifikasi penampilan yang ringan namun memiliki efek yang besar pada penampilan. Selain itu, hanya dengan mengganti velg saja bisa mengubah aura mobil berbeda dan semakin keren.

Tetapi, jika kamu ingin mengganti velg mobil ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebab velg dan mobil adalah komponen yang menopang seluruh bobot dari kendaraan. Maka dari itu, kamu perlu ketahui dan perhatikan lima hal berikut ini saat mengganti velg mobil.

5 Hal Penting Saat Ganti Velg Mobil

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ganti Velg Mobil

Sebelum mengganti velg mobil, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kamu bisa mendapatkan velg sesuai. Sesuai model yang kamu inginkan dan sesuai dengan spesifikasi untuk mobil kamu.

Pilih Desain Velg yang Diinginkan

Hal ini merupakan yang sangat mendasar, karena kamu pasti akan memikirkan masak-masak gaya apa yang kamu inginkan. Banyak gaya modifikasi yang bisa kamu pilih seperti gaya yang sporty ataupun elegan. Setelah menentukan gaya yang diinginkan, kamu bisa langsung pilih desain dan model velg sesuai dengan gaya modifikasi yang kamu.

Kualitas Velg Mobil

Setelah menentukan model velg, kamu perlu ketahui kualitas velg mobil tersebut. Memang saat ini banyak sekali velg aftermarket yang beredar di pasaran. Mulai dari velg dengan model satu bagian (one piece) hingga yang memiliki banyak bagian (multipiece). Velg-velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Biasanya velg one piece lebih tahan lama karena dirancang dalam satu bentuk utuh. Dengan dibuat dalam satu bentuk utuh, velg model one piece menjadi memiliki bobot yang lebih berat. Sedangkan velg multipiece, memiliki keunggulan di komponen pengganti sehingga jika salah satu komponen velg kamu rusak, bisa hanya diganti pada bagian tersebut. Selain itu, bobot velg multipiece memiliki bobot yang lebih ringan.

Perhatikan Spesifikasi Velgnya

Ada bebeapa hal yang perlu kamu ketahui seputar spesifikasi velg. Hal pertama yang perlu kamu pahami adalah ukuran Pitch Center Diameter (PCD). PCD adalah jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya pada sebuah velg. Jika pada spesifikasi velg tertulis 4×100, berarti velg terdiri dari 4 lubang baut dengan PCD berukuran 100mm.

Kemudian yang perlu kamu ketahui adalah ukuran lebar velg. Lebar velg tersebut akan yang akan menentukan lebar dari sisi terdalam ke bagian luarnya. Selain itu, ukuran velg juga berpengaruh pada profil ban yang akan digunakan.

Selain ukuran PCD dan lebar velg, kamu juga perlu ketahui offset dari velg. Offset pada sebuah velg akan menentukan seberapa keluar atau masuknya bibir luar velg. Semakin kecil nilai offset, bibir luar pelek semakin keluar dari fender.

Kenali Bahannya

Bahan-bahan velg yang banyak beredar di pasaran biasaya terbuat dari logam ringan, seperti billet steel, forged alloy atau magnesium. Bahan-bahan tersebut memiliki bobot lebih ringan dibandingkan dengan velg yang berbahan dari baja. Dengan menggunakan velg-velg yang berbahan ringan, kinerja mesin menjadi tidak terlalu berat saat memutar roda dan melakukan pengereman.

Cari Toko Terpercaya

Ketika kamu ingin ganti velg mobil, kamu perlu perhatikan toko ban dan velg yang terpecaya. Salah satunya adalah toko-toko cabang resmi TKB Group Indonesia. Hanya di toko cabang TKB Group Indonesia kamu bisa mendapatkan velg berkualitas, Yaitu HSR Wheel. Selain Velg HSR Wheel, Kamu juga bisa membeli produk ban mobil Accelera, Forceum, dan Zeetex yang memiliki kualitas terbaik. Jadi, hubungi atau datang langsung ke toko cabang resmi TKB Group Indonesia terdekat yang ada di kotamu untung mengganti velg mobil kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan