Kapasitas Mesin Mobil: Pengertian dan Cara Menghitungnya!

Kapasitas Mesin Mobil

Kapasitas mesin mobil atau cublice centimeter (CC) merupakan kapasitas mesin yang berasal dari kerja piston pada silinder mesin pembakaran dalam satuan cm3. Peran dari kapasitas mesin adalah mengatur tenaga dan kecepatan yang dihasilkan serta efisiensi konsumsi bahan bakar.

Menurut beberapa sumber, semakin tinggi kapasitas mesin maka semakin boros bahan bakar. Sebab kemampuannya dalam menghirup campuran bakar dan udara akan semakin tinggi. Besaran satuan kapasitas mesin tidak hanya satuan cc namun juga bisa menggunakan satuan liter (l) maupun inci kubik (CID).

Nah, berikut ini faktor-faktor dalam menentukan kapasitas mobil. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Faktor-faktor Dalam Menentukan Kapasitas Mesin Mobil

Kapasitas mesin ditentukan oleh beberapa faktor. Berikut ini faktor-faktor yang menentukan kapasitas mobil, simak ya sampai akhir!

1. Barang Bawaan Mobil

barang bawaan mobil

 

Semakin banyak barang bawaan yang kamu bawa setiap harinya, maka dianjurkan untuk menggunakan mobil yang memiliki kapasitas lebih besar dari 1500 cc. Sebab mobil tidak hanya menampung beban mobil saja melainkan juga harus menanggung beban barang bawaannya. Apalagi jika harus melewati jalanan yang menanjak.

Namun, jika hanya digunakan untuk kegiatan ke kantor atau kuliah dan melewati jalanan lurus, mobil dengan kapasitas 1500 cc saja cukup. Sebab jika menggunakan kapasitas yang besar maka tenaga yang dikeluarkan juga besar. Sehingga cenderung akan boros bensin.

2.  Ukuran dan Berat Mobil

Ukuran dan Berat Mobil

Ukuran, bobot, dan kapasitas kabin bisa menentukan seberapa besar kemampuan mesin untuk menghasilkan tenaga yang dikeluarkan. Oleh karenanya, mobil yang memiliki ukuran badan yang berat maka membutuhkan kapasitas mesin yang tinggi. Hal ini supaya tenaga yang dihasilkannya akan seimbang.

Saat mengemudi mobil dengan kapasitas mesin yang besar maka perlu memperhatikan ukuran ban mobil yang akan dipakai. Hal ini berguna untuk menahan berat mobil karena akan berpengaruh terhadap performa mobil nantinya.

3. Jangan Lupa Lakukan Perhitungan dan Perkiraan

Perkiraan

Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum menentukan kapasitas mesin, sebagai berikut:

  • Jangan lupa catat berapa lama mobil digunakan dalam sehari-hari.
  • Seberapa  sering kamu menempuh perjalanan +/-40 km dalam satu minggu.
  • Bandingkan bobot isi mobil, baik itu penumpang atau barang bawaan, apakah lebih sering kosong atau sering penuh dan juga berat.
  • Apakah kamu menyetir dalam keadaan santai atau terburu-buru.
  • Lakukan perawatan secara teratur.

Cara Menghitung Kapasitas Mobil

Bagi kamu yang ingin mengetahui kapasitas mobil, kamu bisa menggunakan dua rumus, yaitu rumus volume tabung dan rumus ruang pembakaran.

Rumus Menghitung volume tabung

Apabila suatu mobil memiliki jari-jari tabung sebesar 7 cm dengan panjang tabung 10 cm. Maka volume tabungnya sebesar:

Volume tabung = Phi x (r x r) x t = 22/7 x( 7 x 7) x 10 = 1540cc

Rumus menghitung ruang pembakaran

Nah, dalam menghitung kapasitas mobil menggunakan ruang pembakaran bisa menggunakan permisalan  jari-jari tabung suatu mobil 7 cm, di mana diameter tabung tersebut berarti 14 cm dan tinggi atau area pistonnya (L) sebesar 10 cm. Volume pembakarannya sebesar

Volume ruang pembakaran = 22/7/4 x (14 x 14) x 10 = 1540 cc.

Dari kedua rumus, hasil yang diperoleh sama, yaitu 1540 cc. Namun, untuk mengetahui volume ruang pembakaran secara langsung berdasarkan kinerja piston. Kamu dapat menghitung volume langkah pistonnya saja atau area yang dilalui piston atau stroke yang disimbolkan dengan huruf L, sementara  diameter ruang pembakaran asli disimbolkan dengan Bore (D) dan tinggi tabung atau langkah kerja piston dengan stroke.

Rumus untuk menghitung volume ruang pembakaran secara langsung berdasarkan kinerja pistonnya sebagai berikut:

D (Bore) = 86 mm atau 8,6 cm

L (Stroke) = 86 mm atau 8,6 cm

Volume ruang pembakaran = 3,14/4 x (8,6 x 8,6) x 8,6 = 0,785 x 73,96 x 8,6 = 499,31 cc

Volume yang telah dihitung di atas merupakan volume untuk satu silinder atau satu ruang bakar saja. Apabila sebuah mobil memiliki 4 silinder mesin maka kita bisa mengalikan 4, sehingga 499,31 x 4 = 1997,22 cc

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan