Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Baru-baru ini mobil hybrid sedang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan tampilan mobilnya yang terlihat menawan maupun performa mesin yang lebih optimal dibanding dengan mobil konvensional. Mobil hybrid menggunakan dua sumber tenaga sekaligus sebagai penggeraknya, antara lain tenaga mesin yang berasal dari bahan bakar minyak maupun tenaga listrik yang berasal dari baterai.

Dengan begitu, mobil listrik diklaim lebih hemat dalam hal konsumsi BBM dan 90 persen bebas polusi udara. Kelebihan-kelebihan itulah yang membuat masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk beralih menggunakan mobil hybrid dibanding memakai mobil konvensional.

Pada artikel kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan mobil hybrid. Dengan kamu mengetahui hal tersebut akan bisa menjadi sumber referensi kamu saat akan membelinya. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya teman-teman Haiser!

Baca Juga: Apa Itu Mobil Hybrid? Simak Penjelasan Lengkapnya

Kelebihan Mobil Hybrid

Kelebihan Mobil Hybrid
Kelebihan Mobil Hybrid

Mobil hybrid merupakan mobil yang menggunakan dua sumber utama penggerak, diantaranya mobil listrik maupun mobil konvensional. Dengan perpaduan diatara kedua sumber penggerak membuat laju kendaraan mobil hybrid lebih bertenaga, hemat bahan bakar, dan minim emisi. Berikut ini beberapa kelebihan mobil hybrid yang perlu kamu tahu!

1. Ramah Lingkungan

Mobil hybrid diklaim lebih ramah lingkungan dibanding dengan mobil berbahan bensin. Sebab mobil hybrid hanya mengeluarkan emisi gas buang (limbah pembakaran) dalam jumlah yang sedikit. Sehingga polusi udara  yang dihasilkan tidak begitu banyak. Ditambah asap yang dikeluarkan sangat sedikit dan nyaris tak terlihat.

2. Suara Mesin dan Getaran Minim

Kelebihan mobil hybrid selanjutnya adalah minimnya suara mesin dan getaran yang dikeluarkan. Sehingga membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat dalam perjalanan. Suara mesin yang halus membuat pengemudi menjadi semakin betah saat berkendara jarak jauh. Rendahnya suara mesin mobil hybrid disebabkan karena mobil ini menggunakan kombinasi mesin listrik yang membuat suara mesin menjadi lebih rendah.

3. Hemat Konsumsi BBM

Kelebihan mobil hybrid selanjutnya apabila dilihat dari segi konsumsi bahan bakar. Mobil ini dinilai lebih hemat konsumsi bahan bakar dibanding dengan mobil konvensional. Hal ini disebabkan karena perpaduan dua jenis mesin yang menggerakan mobil ini. Saat kondisi macet, maka tenaga yang digunakan berasal dari baterai. Hal ini disebabkan mesin didesain berpindah ke motor listrik saat berada di kecepatan rendah.

4. Akselerasi Kecepatan Meningkat

Kelebihan selanjutnya jika dilihat dari tingkat kecepatan mobil. Akselerasi dan kecepatan mobil hybrid cukup baik. Sebab mobil hybrid memiliki dua mesin yang saling mendukung untuk menambah kekuatan pacu. Hal inilah yang memecahkan stigma masyarakat bahwa tingkat kecepatan tinggi akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

5. Nyaman Digunakan

Kelebihan selanjutnya dari mobil hybrid adalah nyaman digunakan saat berpergian. Mobil ini memiliki perpindahan gigi yang sangat halus. Karena mobil hybrid telah menggunakan transmisi jenis Continuously Variable Transmission (CVT). Sehingga saat pengemudi melakukan perpindahan gigi tidak akan terasa. Hal ini berarti mobil hybrid unggul dalam segi kenyamanan.

Kekurangan Mobil Hybrid

kekurangan mobil hybrid
kekurangan mobil hybrid

Setelah kamu mengetahui kelebihannya, pada pembahasan kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai kekurangan mobil hybrid. Berikut ini informasi secara detailnya!

1. Harga Mobil Hybrid Cenderung Lebih Mahal

Kekurangan yang pertama bisa dilihat dari segi harga mobilnya. Harga mobil hybrid cenderung lebih mahal dibanding harga mobil konvensional. Sebab mobil hybrid memiliki fitur-fitur mobil yang lebih lengkap dibandingkan dengan mobil berbahan mesin. Selain itu, mobil hybrid juga memiliki dua sumber tenaga. Sehingga tidak heran jika harga mobil hybrid dipasaran lebih mahal ketimbang mobil konvensional.

2. Biaya Perawatannya Lebih Mahal

Biaya perawatan yang mahal membuat beberapa masyarakat Indonesia berpikir dua kali untuk memiliki mobil ini, Sebab mobil ini telah menggunakan mesin ganda yang merupakan teknologi terbaru di dunia otomotif. Maka tidak heran jika biaya servis mobil hybrid dan listrik menjadi lebih tinggi. Karena mekanik harus memahami setiap komponen mesin yang jelas berbeda dari mesin-mesin mobil konvensional pada umumnya.

3. Tenaga Yang Dihasilkan Dirasa Masih Kurang

Meski mobil hybrid telah menggunakan dua sumber tenaga. Namun tenaga yang dihasilkan oleh mobil hybrid dirasa masih kurang. Sebab mobil hybrid memiliki kapasitas mesin bensin yang terbilang masih rendah  dibandingkan dengan mobil konvensional serta motor listriknya hanya berfungsi saat daya rendah. Sehingga meski kedua mesin bekerja secara beriringan. Namun tenaga yang dihasilkan masih kalah dari mobil konvensional.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan kelebihan dan kekurangan mobil hybrid. diantaranya lebih hemat konsumsi bahan bakar, suara mesin yang dihasilkan sangat lembut, serta lebih ramah lingkungan. Sedangkan untuk kekurangannya harga mobil hybrid lebih mahal dibandingkan dengan mobil konvensional, biaya perawatannya cukup mahal, dan tenaga yang dihasilkan dirasa masih lebih rendah daripada mobil konvensional. Dengan begitu, kamu sekarang memiliki referensi yang cukup untuk memilih mobil listrik ataupun mobil konvensional.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan