Ketahui Fungsi Ring Piston pada Mobil

Fungsi Ring Piston

Fungsi Ring Piston – Mesin pada sebuah kendaraan khususnya mobil dikenal dengan sebuah teknologi yang cukup kompleks. Didalamnya terdapat banyak komponen penting yang saling bekerja agar mesin dapat berjalan dengan maksimal. Salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah mesin mobil adalah ring piston.

Mungkin untuk kamu sebagai pemiliki kendaraan sudah sering dengar tentang komponen yang satu ini. Namun kebanyakan orang belum mengetahui fungsi ring piston itu sendiri.

Fungsi Ring Piston

Fungsi komponen ring piston sendiri sebenarnya cukup banyak karena memang posisi komponen ini sangat krusial pada mesin itu sendiri. Untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa kamu simak rangkumannya di bawah ini :

1. Menjaga Kompresi Mesin

Fungsi dari ring piston yang pertama adalah menjaga kompresi mesin agar tetap maksimal, ini merupakan fungsi utama dari ring piston itu sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, mesin adalah teknologi yang sangat kompleks. Untuk menjaga kualitas dan juga kinerjanya, maka ring piston ini sangat dibutuhkan keberadaannya.

Tanpa adanya komponen ini yang berfungsi dengan baik, maka sudah pasti mesin akan mengalami masalah secara terus menerus. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, maka cek selalu kondisi ring piston di dalam mesin mobil secara rutin.

2. Mencegah Kebocoran Kompresi

Mesin mobil apabila dirawat secara rutin maka akan terhindar dari berbagai masalah yang tak diinginkan. Apabila tidak dirawat, maka masalah seperti kebocoran kompresi bisa saja terjadi. Untungnya dengan adanya komponen ring piston, maka kebocoran kompresi bisa dicegah sejak awal.

Ring piston sendiri memiliki seal yang sangat penting untuk sebuah mesin. Kebocoran tersebut biasanya terjadi di beberapa titik seperti piston dan juga silinder. Terjadi kebocoran di area tersebut sendiri dikarenakan ada proses pembakaran yang memang merupakan salah satu proses dalam kinerja mesin.

Namun dengan adanya seal yang ada di ring piston, maka kebocoran tekanan kompresi ruang bakar akan bisa diminimalisir dengan sendirinya.

3. Mencegah Oli Masuk ke Ruang Bakar

Untuk memaksimalkan kinerja mesin mobil, kamu perlu sesekali menggunakan oli yang berkualitas. Namun sebaik apapun oli tersebut, apabila kemudian oli tersebut masuk ke ruang bakar maka akan sangat berbahaya.

Sejak awal memang oli tidak boleh sampai masuk ke dalam ruang tersebut. Maka dari itu perlu sekali menjaga kebersihan mesin sejak awal agar tetap bersih. Ketika oli masuk, sudah pasti akan memberi masalah yang cukup serius. Dan untungnya lagi untuk menghalau hal itu terjadi, ring piston adalah jawabannya.

4. Mengurangi Gesekan Dinding Silinder

Fungsi komponen ring piston selanjuntnya adalah untuk mengurangi gesekan dinding silinder blok. Secara sistem, salah satu cara mesin bekerja adalah dengan sebuah gesekan. Namun untuk bisa mengurangi hal tersebut, dbutuhkan ring piston yang berkualitas. Secara perlahan, ring piston dapat mengurangi daya gesek dinding silinder. Terlebih apabila ditambah dengan bantuan pelumas, maka sudah pasti mesin akan selalu prima sepanjang waktu.

5. Mampu Mengirim Panas

Ada beberapa bagian di dalam mesin mobil yang harus mendapatkan energi panas untuk tetap bekerja dengan maksimal, salah satunya adalah bagian dinding silinder. Dengan adanya bantuan dari ring piston, maka panas yang disalurkan dapat membuat dinding silinder tidak terlalu dingin. Inilah yang akhirnya dapat membuat mobil kamu bekerja secara maksimal tanpa mengalami masalah.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan