Ketahui Jenis & Komponen Pompa Oli Mobil

Komponen Pompa Oli

Komponen pompa oli mobil memiliki beberapa bagian yang perlu kamu ketahui. Fungsi masing-masing bagiannya adalah sebagai pemberi tekanan pada oli mesin sehingga dapat mengalir ke seluruh sistem pelumasan mesin. Pompa oli akan mengisap oli yang terkumpul di bak penampung untuk kemudian dipompa agar oli yang ada di jalur sistem pelumasan memiliki tekanan yang cukup.

Lalu, seperti apa cara kerja dan juga komponen-komponen yang ada di bagian ini? Dikutip melalui laman resmi auto2000, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Jenis dan Komponen Pompa Oli

Berbicara mengenai komponen pompa oli, maka model pompa itu akan memengaruhi masing-masing baian yang bertugas untuk memaksimalkannya. Saat ini, sudah diketahui bahwa ada tiga jenis pompa oli yang umum digunakan pada mesin mobil.

1. Pompa Oli Trochoid

Pompa oli jenis trochoid ini memiliki dua komponen utama, yaitu drive gear atau nama lainnya inner rotor dan juga driven gear atau outer rotor. Kedua komponen ini pasang di dalam sebuah wadah yang memiliki dua lubang untuk keluar (outlet) dan masuk (inlet) oli. Perputaran yang terjadi di inner rotor ini akan menggerakkan outer rotor sehingga sama-sama berputar satu arah.

Karena memang jumlah gigi inner rotor lebih sedikit dibandingkan outer rotor, maka dari itu terbentuk sebuah ruangan yang digunakan untuk mengisap oli dari lubang inlet dan menekannya ke outlet. Perubahan volume yang terjadi ini akibat adanya putaran rotor yang menyebabkan aksi pemompaan oli.

2. Pompa Oli Internal Gear

Pompa jenis kedua adalah internal gear, sebanarnya pompa jenis ini mirip seperti trochoid, yang membedakan adalah adanya ruang pembatas antara inner dan outer gear. Ruang pembatas ini akan menambah volume oli yang dapat dipompa sehingga jumlah tekanan yang dihasilkan juga akan jauh lebih besar.

Inner gear yang ada pada komponen pompa oli jenis ini terhubung langsung dengan crankshaft mesin. Komponen ini juga akan berputar sesuai dengan putaran crankshaft, sementara outer gear akan berputar mengikuti arah putaran.

3. Pompa Oli External Gear

Lalu, jenis pompa oli yang ketiga ada external gear yang memiliki dua komponen drive gear dan driven gear. Letak kedua komponen gear ini saling bersisian dan dipasang secara sejajar satu sama lain. Hal ini sedikit berbeda dari dua jenis sebelumnya karena kedua gear ini terletak di dalam satu sama lainnya.

Ketika drive gear berputar, maka komponen ini akan secara otomatis memutar driven gear. Dan pada saat yang sama, putaran driven gear dan drive gear akan menimbulkan efek menghisap oli dari lubang inlet lalu memompanya menuju lubang outlet.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan