3 Penyebab Oli Power Steering Panas

Oli Power Steering Panas

Penyebab Oli Power Steering Panas – Power steering adalah sebuah sistem kemudi yang sudah disematkan di beberapa mobil di Indonesia. Kehadiran power steering dapat memudahkan Haiser semuanya dalam mengendalikan laju kendaraan terutama pada saat parkir, manuver, hingga berbutar arah. Nah, di dalam power steering ini memiliki oli yang berfungsi untuk pelumas.

Penyebab Oli Power Steering Panas

Namun memang sering ditemui bahwa cairan ini panas dengan sendirinya. Lalu, apa penyebab oli power stering panas sehingga membuat performanya menurun? Berikut sebab-sebab yang bisa kamu ketahui di bawah ini :

1. Spesifikasi Oli Power Steering Salah

Penyebab oli power steering panas yang pertama adalah adanya kesalahan spesifikasi oli yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Penggunaan oli power steering yang tidak tepat sesuai dengan spesifikasi tentu saja akan mengganggu kelancaran proses kerja mesin.

Biasanya, apabila oli power steering terlalu kental, maka sistem kerja dari powers steering akan berat. Sedangkan apabila terlalu encer akan mengakibatkan oli power steering ini menjadi panas dan menguap. Maka tak heran hal ini juga menyebabkan oli seperti mengeluarkan buas. Maka dari itu, gunakanlah oli khusus yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan kamu.

2. Terkena Suhu Panas dari Mesin

Letak oli power steering sendiri memang berdekatan dengan mesin mobil. Seperti yang sudah kamu ketahui, mesin mobil akan sangat panas seiring dengan lamanya penggunaan saat berkendara. Posisi yang berdekatan dengan mesin inilah yang menyebabkan ole power steering menjadi panas.

Dan perlu diketahui juga bila fungsi oli power steering lainnya adalah menjadi pendingin bagian yang bergesekan ketika kemudi setir diputar ke arah kiri dan kanan. Jadi, akan sangat wajar apabila suhunya berubah menjadi sedikit panas. Namun, apabila panasnya cukup tinggi dan seperti mendidih, maka kamu perlu membawanya ke bengkel kepercayaan kamu.

3. Tanda Untuk Mengganti Oli

Seperti yang sudah diketahui, bahwa masing-masing komponen di dalam mobil pasti memiliki batas waktu penggunaannya sendiri. Hal ini lah yang membuat kamu perlu membawa mobil kamu untuk dilakukan servis secara rutin. Tujuan servis sendiri untuk mengecek apabila ada komponen di dalam mobil yang sudah tidak layak untuk digunakan.

Untuk permasalahan oli power steering panas, maka bisa jadi karena sudah saatya untuk diganti. Oli yang sudah lama digunakan tentu akan menurun performanya seiring dengan waktu berjalan. Jika oli power steering kamu sudah lama belum diganti, maka ada baiknya untuk segera ke bengkel terdekat untuk mengganti dengan oli baru.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan