Fungsi Knuckle Arm yang Perlu Diketahui

Fungsi Knuckle Arm

Fungsi Knuckle Arm – Knuckle Arm adalah salah satu komponen mobil yang berada di bagian suspensi mobil. Sistem suspensi mobil sendiri memiliki fungsi untuk menekan getaran yang timbul akibat mobil melewati medan jalan yang cukup terjal. Tujuan dari adanya suspensi sendiri untuk mencegah bodi mobil tidak bergetar sehingga menambah sisi kenyamanan penumpang di dalamnya. Lalu, apa fungsi knuckle arm yang menjadi salah satu bagian suspensi?

Fungsi Knuckle Arm

Knuckle arm sendiri menjadi salah satu bagian penting di dalam sistem suspensi mobil yang terhubung langsung pada lower arm dan upper arm, dengan ball joint sebagai penghubungnya. Fungsi knuckle arm adalah untuk tempat dudukan dari roda, bearing roda, hingga perangkat rem cakram ataupun tromol.

Dengan adanya knuckle arm ini, maka roda mobil dapat dengan bebas bergerak dan berbelok ke segala arah. Dan sebaliknya, apabila tidak ada knuckle arm, maka gerak roda tidak bisa dikontrol dengan baik atau bahkan dapat berbelok melewati sudut yang seharusnya.

Fungsi Komponen Lain Dari Suspensi Mobil

Dalam sistem suspensi mobil, tidak hanya knuckle arm saja yang dapat meredam getaran kendaraan. Namun ada juga bagian-bagian lain yang membantu dalam proses peredaman terrsebut. Betikut bagian suspensi mobil beserta fungsinya yang perlu kamu ketahui.

1. Pegas

Pegas adalah salah satu komponen penting di dalam sistem suspensi mobil. Hal ini dikarenakan pegas sendiri berfungsi untuk menyerap seluruh getaran yang terjadi pada permukaan jalan. Jika mobil tidak ada pegas, maka mobil akan bergetar hingga bergeolak ketika melewati jalan yang berlubang. Ada tiga jenis pegas yang sering digunakan mobil, yaitu coil, daun, dan juga puntir.

2. Shock Absorber

Sesuai dengan namanya, shock absorber merupakan penyerap kejut efek getaran mobil saat melewati medan jalan yang tidak rata. Bagian ini memiliki pegas yang dapat menyerap getaran sekaligus mengembalikan lagi tekanan yang di dapat.

3. Lower Arm

Lower arm adalah komponen yang memastikan roda mobil dapat bergerak ke arah atas dan bawah. Fungsi lower arm pada mobil adalah sebagai lengan suspensi yang menghubungkan bagian roda dengan bodi mobil. Namun, antara lower arm dan juga bodi dihubungkan melalui engsel. Maka hasilnya, komponen ini dapat bergerak secara vertikal.

4. Ball Joint

Ball joint adalah engsel yang berputar ke segala arah dengan sudut putaran 460 derajat. Komponen ini ada di ujung lower arm yang terhubung dengan roda. Fungsi ball joint adalah untuk memastikan roda mampu bergerak ke segala arah. Khususnya suspensi depan di mana roda selain perlu bergerak atas dan juga bawah, juga ke kiri dan kanan.

5. Stabilizer Bar

Ketika roda mobil belok, maka bodi mobil akan condong kea rah luar karena adanya gaya sentrifugal. Fungsi stabilizer bar ini untuk menyeimbangkan antara roda kiri dan kanan dengan bodi mobil. Komponen ini juga menjaga adanya perbedaan ketinggian atara roda kiri dan kanan.

6. Strut Bar

Strut bar merupakan lengan yang menghubungkan antara stabilizer bar dengan tabung shock absorber. Fungsi strut bar sendiri untuk memastikan roda dapat bergerak vertikal atau berbelok tanpa dihalangi stabilizer bar. Di strut bar ini ada ball joint yang membuat stabilizer bar dapat bekerja dengan sudut berapa pun.

7. Supported Shock

Fungsi supported shock adalah untuk bearing yang dapat menyekat shock breaker dengan bodi mobil. Ketika roda berbelok, maka posisi shock breaker akan sedikit berputar. Hal inilah yang membuat komponen tersebut membutuhkan penyekat supaya tidak bergesekan langsung dengan bodi dan menyebabkan baret.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan