Cuci Mobil Hidrolik Berbahaya? Apa Benar?

Cuci Mobil Hidrolik

Apakah cuci mobil hidrolik berbahaya? Pertanyaan inilah yang sering kali muncul apabila mendengar kata cuci mobil hidrolik. Cuci mobil hidrolik merupakan proses pencucian mobil dengan menggunakan mesin hidrolik agar lebih memudahkan proses pencucian dan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Proses mencuci mobil hidrolik memiliki beberapa keuntungan diantaranya mudah membersihkan bagian kolong mobil karena mobil diangkat menggunakan lift sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, hasil cuci mobil hidrolik juga lebih bersih dibanding mencuci mobil biasanya. Namun, apakah cuci mobil hidrolik lebih berbahaya dibanding cuci mobil biasa. Agar bisa menjawab pertanyaan terseut, simak ulasan di bawah ini ya teman-teman HSR Wheel!

4 Bahaya Mencuci Mobil Hidrolik

Mencuci mobil hidrolik berarti mengangkat mobil pada ketinggian tertentu menggunakan sistem pengangkat mobil hidrolik. Cara mencuci mobil seperti ini memang memudahkan dalam membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada bagian-bagian mobil, terutama di bagian bawah atau kolong. Namun, apabila terlalu seromg mencuci mobil dengan sistem hidrolik justru akan merusak komponen kendaraanmu. Berikut ini bahayanya mencuci mobil menggunakan pengangkat mobil hidrolik. Simak informasi di bawah ini ya!

1. Merusak Suspensi Mobil

Suspensi Mobil
Sumber: Pixebay

Terlalu keseringan mencuci mobil menggunakan sistem pengangkat mobil hidrolik bisa membuat suspensi mobil menjadi lemah. Sebab bisa membuat suspensi depan terkunci dan mengubah setelan spooring. Hal ini dikarenakan tekanan air yang dikeluarkan untuk membersihkan mobil, membuat bagian suspensi rusak dan merubah posisi bagian lainnya yang berada di bawah kap mobil. Oleh karenanya, sebaiknya pilih tempat cuci mobil hidrolik yang berkualitas. Tujuannya agar tidak merusak bagian kaki-kaki mobil.

2. Merusak Komponen Mobil

Komponen kaki-kaki mobil

Selain merusak suspensi mobil, mencuci mobil secara hidrolik juga bisa merusak komponen mobil lainnya yang berada di kaki-kaki mobil. Hal ini disebabkan pada saat tekanan air yang terlalu tinggi mengenai bagian komponen mobil secara terus menerus.  Akhirnya membuat bagian komponen mobil tersebut menjadi rusak, contohnya bagian kelistrikan mobil. Karena pada dasarnya, musuh dari sistem listrik adalah air dan apabila sering terkena air membuat sistem kelistrikan lama kelamaan akan rusak.

Baca Juga: Cara Merawat Komponen Kaki-Kaki Mobil

3. Mobil Jatuh

Mobil Jatuh
Sumber: Okezone

Mencuci mobil secara hidrolik juga menimbulkan resiko mobil jatuh dari atas hidrolik. Meskipun, kejadian ini jarang terjadi. Oleh karenanya, si pemilik mobil harus berhati-hati dalam memilih tempat cuci mobil. Carilah tempat cuci mobil yang memiliki reputasi yang baik dan pilih tempat hidrolik tipe thunder H.

Ada dua tipe lift hidrolik yang biasanya digunakan pada tempat cuci mobil hidrolik, yakni huruf X dan H. Lift huruf X berarti lift hidrolik ini dapat mengangkat bagian bawah mobil. Apabila tidak stabil, mobil berisiko miring dan berpotensi mobil jatuh dari lift tersebut. Sementara itu, lift huruf H bisa menopang ban mobil kamu. Artinya, lift hidrolik tipe H lebih mudah, lebih seimbang, dan sangat dianjurkan bagi yang ingin mencuci mobil dengan sistem hidrolik.

4. Menyebabkan Baret

Mencuci Mobil
Sumber: Shutterstock

Mencuci mobil secara hidrolik dapat menimbulkan baretan pada bodi mobil. Hal ini dikarenakan banyaknya antrian membuat para pencuci. melakukan pekerjaannya secara cepat dan terburu-buru. Sehingga kemungkinan besar bodi mobil kamu akan dilap tergesa-gesa dan debu yang menempel justru bisa menggores bodi mobil. Oleh karenanya, penting sekali untuk mencari tempat cuci mobil yang berkualitas agar warna cat bodi mobilmu tidak pudar.

Nah itu dia, 4 bahayanya cuci mobil hidrolik. Jadi, kamu sudah tahu kan di mana lokasi atau tempat cuci mobil hidrolik terdekat? Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan layanan ini agar mobil bersih lebih maksimal. Mengendarai mobil yang bersih akan menambah kenyamanan dan percaya diri, bukan?

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret Mobil Sendiri di Rumah

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan