Berita Otomotif

Cuci Mobil Hidrolik Berbahaya? Apa Benar?

Banyak pemilik kendaraan yang mencari tempat cuci mobil hidrolik. Alasannya karena lebih bersih, terutama dibagian kolong mobil yang lebih sulit untuk dijangkau. Meski bisa membersihkan sampai ke bagian kolong yang sulit dijangkau, mencuci mobil secara hidrolik justru berbahaya loh sobat HSR Wheel.

Apa saja sih, bahayanya mencuci mobil secara hidrolik. Berikut ini 4 bahaya cuci mobil hidrolik. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil

4 Bahaya Mencuci Mobil Hidrolik

Mencuci mobil hidrolik berarti mengangkat mobil pada ketinggian tertentu menggunakan sistem pengangkat mobil hidrolik. Cara mencuci mobil seperti ini memang memudahkan dalam membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada bagian-bagian mobil, terutama di bagian bawah atau kolong. Namun, apabila terlalu seromg mencuci mobil dengan sistem hidrolik justru akan merusak komponen kendaraanmu. Berikut ini bahayanya mencuci mobil menggunakan pengangkat mobil hidrolik. Simak informasi di bawah ini ya!

1. Merusak Suspensi Mobil

Sumber: Pixebay

Terlalu keseringan mencuci mobil menggunakan sistem pengangkat mobil hidrolik bisa membuat suspensi mobil menjadi lemah. Sebab bisa membuat suspensi depan terkunci dan mengubah setelan spooring. Hal ini dikarenakan tekanan air yang dikeluarkan untuk membersihkan mobil, membuat bagian suspensi rusak dan merubah posisi bagian lainnya yang berada di bawah kap mobil. Oleh karenanya, sebaiknya pilih tempat cuci mobil hidrolik yang berkualitas. Tujuannya agar tidak merusak bagian kaki-kaki mobil.

2. Merusak Komponen Mobil

Selain merusak suspensi mobil, mencuci mobil secara hidrolik juga bisa merusak komponen mobil lainnya yang berada di kaki-kaki mobil. Hal ini disebabkan pada saat tekanan air yang terlalu tinggi mengenai bagian komponen mobil secara terus menerus.  Akhirnya membuat bagian komponen mobil tersebut menjadi rusak, contohnya bagian kelistrikan mobil. Karena pada dasarnya, musuh dari sistem listrik adalah air dan apabila sering terkena air membuat sistem kelistrikan lama kelamaan akan rusak.

Baca Juga: Cara Merawat Komponen Kaki-Kaki Mobil

3. Mobil Jatuh

Sumber: Okezone

Mencuci mobil secara hidrolik juga menimbulkan resiko mobil jatuh dari atas hidrolik. Meskipun, kejadian ini jarang terjadi. Oleh karenanya, si pemilik mobil harus berhati-hati dalam memilih tempat cuci mobil. Carilah tempat cuci mobil yang memiliki reputasi yang baik dan pilih tempat hidrolik tipe thunder H.

Ada dua tipe lift hidrolik yang biasanya digunakan pada tempat cuci mobil hidrolik, yakni huruf X dan H. Lift huruf X berarti lift hidrolik ini dapat mengangkat bagian bawah mobil. Apabila tidak stabil, mobil berisiko miring dan berpotensi mobil jatuh dari lift tersebut. Sementara itu, lift huruf H bisa menopang ban mobil kamu. Artinya, lift hidrolik tipe H lebih mudah, lebih seimbang, dan sangat dianjurkan bagi yang ingin mencuci mobil dengan sistem hidrolik.

4. Menyebabkan Baret

Sumber: Shutterstock

Mencuci mobil secara hidrolik dapat menimbulkan baretan pada bodi mobil. Hal ini dikarenakan banyaknya antrian membuat para pencuci. melakukan pekerjaannya secara cepat dan terburu-buru. Sehingga kemungkinan besar bodi mobil kamu akan dilap tergesa-gesa dan debu yang menempel justru bisa menggores bodi mobil. Oleh karenanya, penting sekali untuk mencari tempat cuci mobil yang berkualitas agar warna cat bodi mobilmu tidak pudar.

Nah itu dia, 4 bahayanya cuci mobil hidrolik. Jadi, kamu sudah tahu kan di mana lokasi atau tempat cuci mobil hidrolik terdekat? Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan layanan ini agar mobil bersih lebih maksimal. Mengendarai mobil yang bersih akan menambah kenyamanan dan percaya diri, bukan?

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret Mobil Sendiri di Rumah

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022