Komponen Mobil yang Memiliki Usia Pakai Cepat

Bagi pemilik mobil, pastinya kamu akan berusaha untuk merawat mobil dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara merawat mobil dengan baik adalah dengan melakukan service rutin. Sebab, dengan melakukan service rutin sudah pasti akan membuat mobil kamu dalam kondisi yang selalu prima.

Ketika kamu sudah melakukan service rutin, pastinya kamu akan diberi tahu oleh petugas bengkel komponen mana yang harus diganti. Umumnya, petugas bengkel akan memberi tahu komponen yang memiliki usia pakai cepat saja atau yang wajib diganti secara berkala.

Service Komponen Mobil di Bengkel Resmi

Ini Dia 5 Komponen Mobil yang Memiliki Usia Pakai Cepat

Saat kamu service mobil petugas dari bengkel pasti akan segera memberi tahu jika ada salah satu komponen yang harus diganti. Untuk itu, kamu perlu ketahui apa saja komponen mobil yang umumnya memiliki usia pakai yang cepat dan harus diganti.

  • Busi

Jangan pernah menyepelean komponen ini, karena busi merupakan alat yang berfungsi untuk memanti api agar pembakaran dalam mesin bisa berjalan. Namun, jika mobil sudah kotor sebaiknya kamu ganti karena busi yang kotor akan sulit memantikan api untuk pembakaran mesin. Tapi, umumnya penggantian busi dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 km sampai dengan 50.000 km.

  • Aki

Komponen ini juga termasuk yang penting, apa lagi jika mobil yang kamu miliki adalah mobil-mobil keluaran terbaru yang memiliki ECU. Sebab, aki merupakan komponen yang memasok listrik untuk seluruh komponen kelistrikan pada mobil. Aki mobil termasuk komponen yang agak lama usia pakainya, sekitar 1 hingga 2 tahun bahkan jika kondisinya cukup bagus bisa bertahan hingga 3 tahun.

  • Lampu

Terkadang banyak orang yang melupakan bagian lampu mobil. Padahal lampu mobil merupakan salah satu komponen yang menunjang keselamatan. Seperti lampu depan untuk menerangi pandangan agar bisa melihat jalanan dan objek yang ada di depan, sedangan lampu belakang atau lampu rem, untuk memberi sinyal kepada pengendara yang ada di belakang kita. Usia pakai lampu mobil biasanya mampu dipakai hingga 1,5 tahun.

  • Kampas Rem

Untuk pengereman, kamu tida bisa memandang enteng. Sebab, sistem pengereman merupakan komponen yang menunjang keselamatan yang utama. Penggunaan mobil setiap harinya apa lagi kamu melewati kemacetan akan membuat kampas rem bekerja keras. Untuk penggantiannya, biasanya diganti setiap 20.000 km sekali.

  • Ban Mobil

Ban mobil juga merupakan komponen sering diganti karena ban mobil adalah komponen yang langsung bersentuhan dan bergesekkan dengan aspal jalanan. Berdasarkan hal tersebut, ban mobil akan menjadi tipis dan perlu kamu ganti. Jika kamu ingin mengganti ban mobil dengan kualitas yang bagus bisa menggantinya di toko-toko cabang resmi TKB Group Indonesia terdekat yang ada di kota kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan