Mobil Susah Distarter? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya!

Pada dasarnya, ada berbagai penyebab yang dapat membuat mobil susah untuk distarter. Namun, masih banyak pengendara yang belum tahu alasan di balik terjadinya hal tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa yang menyebabkan mobil kamu sulit untuk distarter.

Penyebab Mobil Susah Distarter

Nah ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan mobil susah distarter. Berikut ini penjelasannya.

Aki Bermasalah

Aki merupakan komponen yang bisa dikatakan memiliki peranan yang cukup penting untuk kendaraan. Nah, jika aki tidak berfungsi dengan baik maka mobil tidak dapat menyala. Apalagi jika aki tersebut sudah soak dan masih tetap dipaksakan. Tentu, akan memberikan pengaruh terhadap komponen lain pada mobil kamu.

Busi Kotor

Penyebab mobil susah distarter lainnya, yakni karena kondisi busi yang sudah kotor atau tidak baik lagi. Busi yang bermasalah dapat berpengaruh terhadap percikan bunga api. Oleh karena itu, kamu harus melakukan pengecekan terkait dengan kondisi busi tersebut.

Nah bila busi kotor, maka kamu bisa segera membersihkannya dengan cara digosok. Sedangkan jika kondisinya sudah tidak baik, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Pompa Bensin Bermasalah

Pompa bensin memiliki peranan yang sangat penting untuk memompa bensin dan tangki menuju karburator. Apabila pompa bensin bermasalah, maka aliran bensin menjadi tidak lancar. Hal itu lah yang menyebabkan mesin mobil akan sulit untuk dihidupkan.

Masalah Sensor Suhu Radiator

Masalah pada sistem pengaturan suhu, juga dapat menyebabkan mobil sulit untuk dinyalakan. Jika sensor suhu bermasalah maka akan mempengaruhi sistem injeksi pada mobil. Hal ini lah yang menyebabkan mobil tidak bisa menyala saat distarter.

Dinamo Starter Rusak

Pada dasarnya, Dinamo starter atau altenator merupakan komponen penting yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil tidak akan menyala meskipun aki berada dalam kondisi yang baik. Namun, kamu dapat memperhatikan beberapa gejala apabila altenator mobil kamu sudah mulai rusak. Salah satunya, yakni ketika mobil sulit untuk distarter dan arus listrik tidak stabil.

Artikel Terbaru

5 Alasan Mobil Sedan Kurang Laku di Indonesia

Mobil Sedan sangat populer pada era 90an dan 2000an disaat belum banyak jenis mobil yang… Selengkapnya

9 Agustus 2022

Berapa Sih Biaya Pajak Toyota Avanza?

Toyota Avanza merupakan tipe mobil MPV yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Toyota Avanza sering… Selengkapnya

8 Agustus 2022

8 Mobil MPV Terlaris di Indonesia Mei 2022

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan mobil yang paling diminati oleh pembeli di Indonesia dan… Selengkapnya

6 Agustus 2022

Modifikasi Audio Mobil, Apakah Membuat Konsumsi BBM Lebih Boros?

Modifikasi mobil merupakan hal yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan baik modifikasi velg mobilnya saja… Selengkapnya

5 Agustus 2022

BMW X4 2022 Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasinya!

Perusahaan otomotif asal Jerman BMW, baru saja meluncurkan X3 M Competition X4 M Competition dengan… Selengkapnya

4 Agustus 2022

HSR Wheel Kembali Hadir Memeriahkan GIIAS 2022

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013 dan telah… Selengkapnya

4 Agustus 2022