Mobil Susah Distarter? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya!

Pada dasarnya, ada berbagai penyebab yang dapat membuat mobil susah untuk distarter. Namun, masih banyak pengendara yang belum tahu alasan di balik terjadinya hal tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa yang menyebabkan mobil kamu sulit untuk distarter.

Penyebab Mobil Susah Distarter

Nah ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan mobil susah distarter. Berikut ini penjelasannya.

Aki Bermasalah

Aki merupakan komponen yang bisa dikatakan memiliki peranan yang cukup penting untuk kendaraan. Nah, jika aki tidak berfungsi dengan baik maka mobil tidak dapat menyala. Apalagi jika aki tersebut sudah soak dan masih tetap dipaksakan. Tentu, akan memberikan pengaruh terhadap komponen lain pada mobil kamu.

Busi Kotor

Penyebab mobil susah distarter lainnya, yakni karena kondisi busi yang sudah kotor atau tidak baik lagi. Busi yang bermasalah dapat berpengaruh terhadap percikan bunga api. Oleh karena itu, kamu harus melakukan pengecekan terkait dengan kondisi busi tersebut.

Nah bila busi kotor, maka kamu bisa segera membersihkannya dengan cara digosok. Sedangkan jika kondisinya sudah tidak baik, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Pompa Bensin Bermasalah

Pompa bensin memiliki peranan yang sangat penting untuk memompa bensin dan tangki menuju karburator. Apabila pompa bensin bermasalah, maka aliran bensin menjadi tidak lancar. Hal itu lah yang menyebabkan mesin mobil akan sulit untuk dihidupkan.

Masalah Sensor Suhu Radiator

Masalah pada sistem pengaturan suhu, juga dapat menyebabkan mobil sulit untuk dinyalakan. Jika sensor suhu bermasalah maka akan mempengaruhi sistem injeksi pada mobil. Hal ini lah yang menyebabkan mobil tidak bisa menyala saat distarter.

Dinamo Starter Rusak

Pada dasarnya, Dinamo starter atau altenator merupakan komponen penting yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil tidak akan menyala meskipun aki berada dalam kondisi yang baik. Namun, kamu dapat memperhatikan beberapa gejala apabila altenator mobil kamu sudah mulai rusak. Salah satunya, yakni ketika mobil sulit untuk distarter dan arus listrik tidak stabil.

Pos Terbaru

Tips Ban Mobil Awet Saat Digunakan Sehari-hari

Tips Ban Mobil Awet - Ban mobil adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan,… Read More

28 Oktober 2021

Cara Merawat Velg Mobil dengan Mudah dan Benar

Cara Merawat Velg Mobil - Saat ini beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami musim penghujan… Read More

28 Oktober 2021

4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Ketika ingin melakukan perjalanan namun tiba-tiba mobil tidak bisa distarter adalah kondisi yang membuat panik… Read More

27 Oktober 2021

Mengenal 7 Teknik Eco Driving untuk Menghemat BBM

Teknik Eco Driving - Banyak dari para pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil menginginkan mobil yang… Read More

25 Oktober 2021

5 Mobil yang Cocok untuk Wanita

Mobil yang Cocok untuk Wanita - Untuk saat ini, mobil bukan lagi sebuah kendaraan yang… Read More

23 Oktober 2021

Ronaldo Pernah Jadi Korban, Begini Bahaya Mobil Kehabisan Bensin

Bahaya Mobil Kehabisan Bensin - Sebagai pengemudi kendaraan bermotor seperti mobil kamu perlu memahami beberapa… Read More

22 Oktober 2021