5 Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis & Solusinya!

penyebab oli mesin mobil cepat habis

Oli mobil berperan sebagai pelumas mesin agar tidak terjadi kerusakan pada komponen-komponen mesin. Oli mobil yang telah kering bisa merusak komponen-komponen mobil dan bahkan akan mengganggu kestabilan kantong. Hal ini tentu sangat membahayakan untuk keselamatan kamu. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu mengecek kondisi oli mobil secara rutin.

Dalam pemakaiannya, oli mobil akan mengalami penguapan sekitar 10 persen dari volume total. Apabila melebihi dari angka tersebut maka bisa dipastikan terdapat kerusakan dan segera cari penyebab kerusakannya. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan mengulas mengenai 5 hal penyebab oli mesin mobil cepat habis. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Kapan Harus Ganti Oli Mobil?

5 Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis

1. Jarang Ganti Oli Mobil

Oli mobil akan cepat habis apabila kamu  jarang menggantinya. Apablia dibiarkan terus menerus dalam waktu yang lama akan membuat oli mobil akan habis dan bahkan bisa merusak komponen-komponen mesin. Oleh karena itu, biasakan untuk mengganti oli mesin setiap  2000 – 3000 km pemakaian. Dengan begitu, performa mesin bisa meningkat dan juga bisa meminimalisir kerusakan mesin mobil.

2. Kualitas Oli Mobil Jelek

Saat kamu mengganti oli mesin mobil, usahakan menggunakan oli yang memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi mesinnya. Sebab apabila kamu asal mengganti oli mobil dengan kualitas yang rendah dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin mobil.

Hal ini dikarenakan oli mesin berperan sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian mesin mobil. Kamu bisa mengecek spesifikasi mesin pada buku pedoman atau datang saja ke diler yang terpercaya dan minta ke diler untuk menggantinya dengan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesinnya.

3. Seal Mengalami Kebocoran

Oli mobil yang cepat habis juga bisa disebabkan karena kebocoran pada mesin mobil. Kebocoran mesin biasanya  terjadi pada seal packing yang posisinya berada di sela bagian sambungan mesin. Kerusakan seal terjadi karena pemakain seal yang terlalu lama.

Sehingga seal akan mengeras dan akan mengakibatkan seal robek. Robeknya seal bisa membuat oli mobil cepat mengalami penguapan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat seal pada bagian sambungan mesin. Jika ada rembesan oli di tempat tersebut, artinya seal mengalami kerusakan. Solusinya segera ganti seal mobil pada diler terpercaya.

4. Kerusakan Pada Ring Seher

Kerusakan ring seher membuat oli bisa masuk ke ruang pembakaran pada saat terjadi proses pembakaran. Ketidakmampuan ring seher dalam menahan oli mesin agar tidak masuk membuat oli mobil cepat mengalami penguapan dan berkurang. Akibatnya akan keluar asap putih dari knalpot pada saat mesin dinyalakan.

Kondisi ring seher yang rusak akan semakin parah apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Sebab akan semakin banyak oli yang merembes masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya oli akan cepat berkurang dan habis. Solusinya, yaitu dengan mengganti ring seher segera agar tidak merusak komponen mesin mobil.

5.  Ring Piston Rusak

Ring piston rusak juga bisa menyebabkan oli mesin mobil cepat habis. Sebab ring piston yang telah aus, akan membuat udara masuk ke ruang oli dan mengakibatkan turunnya tekanan kompresi mesin. Selain itu, juga bisa membakar oli sehingga akan terjadi penguapan. Masalah ini biasanya ditandai dengan keluarnya asap yang cukup banyak. Solusinya lakukan perawatan secara rutin agar ring piston awet.

Nah itu dia 5 penyebab oli mesin mobil cepat habis yang perlu kamu waspadai. Oleh karena itu, lakukanlah perawatan mobil secara rutin untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen mesin maupun komponen mobil yang lainnya.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan