Ground Clearance Mobil: Arti, Fungsi, & Ukurannya

ground clearance pengertian, fungsi, dan ukuran

Mobil merupakan kendaraan yang sering kali mengalami permasalahan terutama saat melewati genangan air yang cukup tinggi. Hal ini bisa membuat kinerja mobil menjadi terhambat. Agar bisa terhidar dari permasalahan tersebut maka diperlukanlah ground clearance yang tinggi.

Lantas apa arti ground clearance dan mengapa itu memiliki peran yang penting ? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui pengertian, fungsi, dan ukuran ground clearance mobil ya sobat HSR Wheel!

Pengertian Ground Clearance Mobil

arti ground clearance mobil
arti ground clearance mobil

Sebelum membahas lebih dalam mengenai ground clearance, HSR Wheel akan membahas pengertiannya terlebih dahulu. Ground clearance merupakan jarak antara komponen mobil dengan titik terendah pada tanah. Ground clearance  yang tinggi bisa menjaga kualitas dan stabilitas dari mobil.

Titik rendah mobil dengan tanah adalah kolong mobil. Namun masih banyak pengemudi yang salah menentukan ukuran kolong mobil. Sebab mereka menghitung berdasarkan ukuran ban mobil. Sebenarnya untuk mengukur kolong mobil dapat dilakukan dari knalpot atau biasa dikenal dengan istilah center muffler. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengerti ukuran ground clearance sebelum membeli mobil. Sebab akan berpengaruh terhadap performa serta kenyamaan saat berkendara dan bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada bagian bodi mobil.

Setelah mengerti mengenai arti ground clearance. HSR Wheel akan membahas mengenai fungsi ground clearance. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Fungsi Gearbox Mobil & Bagaimana Cara Merawatnya?

Fungsi Ground Clearance

1. Berpengaruh Terhadap Suspensi Mobil

Mobil Dengan Ground Clearance Tinggi Akan Beroengaruh Terhadap Suspensi
Mobil Dengan Ground Clearance Tinggi Akan Beroengaruh Terhadap Suspensi

Ground clearance bisa mempengaruhi travel suspensi mobil. Semakin tinggi ground clearance maka akan membuat sistem suspensinya semakin tinggi. Akibatnya kinerja mobil menjadi lebih optimal. Hal ini disebabkan karena suspensi memiliki peran dalam menampung beban kendaraan dan menjaga mobil dari road shock. Selain itu, suspensi juga berfungsi sebagai peredam gejolak saat melewati jalanan yang bergelombang.

Terdapat tiga alasan penting mengapa harus memperhatikan kinerja suspensi mobil, yakni: suspensi berperan menciptakan gerakan gelembung atau vertikan dengan sangat baik. Selain itu, suspensi juga membuat gerakan setengah lingkaran sehingga kursi roda di bagian depan dan belakang berjalan dengan optimal.

Tidak hanya itu saja, suspensi juga bisa membuat gerakan menggulung yang akan berlangsung di sekitar axle membujur dan akan menghasilkan gaya sentrifugal ketika mobil dibelokan. Mobil dapat berbelok dengan lancar saat melewati jalanan terjal, apabila ground clearance tinggi. Jika ground clearance sangat rendah bisa membuat pengemudi banting stir.

2. Terhindar Dari Air Yang Merembes ke Mesin

Ground Tinggi Akan berpengaruh Terhadap Kualititas Mesin
Ground Tinggi Akan berpengaruh Terhadap Kualititas Mesin

Ground clearance rendah bisa memiliki potensi air merembes ke bagian mesin. Hal ini tentu sangat berbahaya karena air yang merembas ke bagian mesin akan membuat kerusakan di bagian water hammer.

Namun apabila mobil tersebut memiliki ground clearance tinggi tentu tidak akan menjadi masalah karena air tidak akan masuk ke bagian mesin. Sehingga mesin akan beroperasi secara normal. Oleh karenanya, penting sekali untuk memperhatikan ground clearance saat kamu membeli mobil baru atau bekas.

3. Mampu Melewati Jalanan Bergejolak

mobil yang memiliki ground clearance rendah saat melalui polisi tidur
mobil yang memiliki ground clearance rendah saat melalui polisi tidur

Mobil yang memiliki ground clearance rendah atau ceper akan kesulitan saat melalui banyak polisi tidur atau jalanan yang berlobang dan bergejolak. Ukuran ground clearance pada mobil normal biasanya sekitar 1-2 meter namun apabila kamu melakukan modifikasi, jaraknya menjadi 10-15 cm.

Mobil yang memiliki kolong mobil terlalu rendah bisa membuat pengendara kesulitan saat belok dan akan membuat mobil menjadi tidak nyaman dipakai terutama ketika melewati jalanan yang tidak rata. Mobil ceper akan kesulitan saat melewati polisi tidur.

Ketika suatu kendaraan memiliki ground clearance rendah dan dibiarkan dalam waktu yang lama. Hal ini tentu  bisa merusak bagian bawah mobil. Selain itu, kenyamanan para pengemudi juga akan sangat terganggu. Ground clearance rendah juga bisa berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan akan sangat besar.

Berapa Sih Ukuran Ground Clearance Yang Baik?

Mobil Sport memiliki ground clearance rendah
Mobil Sport memiliki ground clearance rendah

Tidak semua ground clearance tinggi atau rendah itu baik. Semua tergantung dengan jenis mobil yang sedang kamu gunakan. Misalnya mobil SUV tentu mempunyai ukuran ground clearance yang tinggi. Namun, hal itu tidak berlaku untuk mobil tipe sport yang hanya memiliki ground clearance 120 mm. Tujuannnya agar Center of Gravity atau CoG juga rendah.

Sehingga risiko mobil untuk tergelincir akan lebih minim. Khususnya saat mobil sport melakukan manuver pada kecepatan yang sangat tinggi. Apabila mobil sport mempunyai ground clearance tinggi diatas 150 mm malah bisa membuat kendaraan tersebut limbung saat dikemudi dengan kecepatan tinggi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan