Fungsi Gearbox Mobil & Bagaimana Cara Merawatnya?

Fungsi Gearbox mobil

Suatu kendaraan bisa beroperasi apabila digerakan oleh suatu komponen. Salah satunya adalah gearbox mobil. Gearbox mobil merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan dan menyesuaikan tenaga ke bagian mesin lain saat kendaraan tersebut beroperasi.

Gearbox atau biasa dikenal dengan nama speed reducer memegang peranan penting dalam mengoperasikan suatu kendaraan. Apabila komponen ini bermasalah maka suatu kendaraan tidak dapat beroperasi. Sebenarnya apa sih fungsi gearbox dan bagaimana ciri-ciriĀ  gearbox yang rusak? Berikut ini fungsi & ciri-ciri gearbox yang rusak. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Fungsi Field Coil yang Wajib Kamu Pahami

Fungsi Gearbox Mobil

Fungsi Gearbox Mobil
Fungsi Gearbox Mobil

Seperti yang telah dijelaskan diatas, fungsi utama gearbox untuk menyalurkan dan menyesuaikan tenaga ke bagian mesin yang lain saat kendaraan tersebut berjalan. Selain itu, Gearbox juga memiliki beberapa fungsi yang lain diantaranya, yaitu:

  • Tidak hanya mengatur kecepatan mobil, komponen ini juga mengatur proses gerak putar balik. Sehingga akan mengubah kondisi gear ketika transmisi diganti ke reserve (R) agar mobil bisa bergerak mundur.
  • Gearbox bisa mengatur gerak jumlah rasio gigi dan gear yang berada di dalamnya.
  • Gearbox bisa menghindari terjadinya selip sehingga akan mobil tersebut akan berputar lebih stabil dan aktivitas saat berkendara juga lebih safety.
  • Gearbox juga berfungsi untuk mengubah dan memproduksi tenaga agar proses feeding yang dilakukan oleh komponen lain bisa berjalan lebih cermat.

Ciri-ciri Gearbox Mobil Rusak

Ciri-Ciri Gearbox Mobil Rusak
Ciri-Ciri Gearbox Mobil Rusak

Gearbox rusak akan sangat membahayakan suatu kendaraan. Sebab, kendaraan tersebut tidak akan bisa beroperasi karena komponen ini tidak berfungsi seperti biasanya. Lantas apa saja ciri-ciri gearbox rusak? Ini dia 5 ciri gearbox rusak:

  • Tercium bau dari cairan transmisi yang terbakar
  • Cairan transmisi mengalami kebocoran
  • Terdengar suara yang aneh saat kamu menyalakan mobil
  • Lampu indikator mesin yang berada di dashboard hidup
  • Akan sangat sulit saat memindahkan dan mempertahankan posisi gigi

Nah, setelah kamu tahu ciri-ciri gearbox rusak maka penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya agar alat ini dapat bertahan lama. Berikut ini cara merawat gearbox mobil yang benar. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya teman-teman Haiser!

Cara Merawat Gearbox Mobil Yang Benar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gearbox merupakan koponen mobil yang penting agar suatu kendaraan bisa beroperasi dengan baik. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawatnya secara rutin. Lantas bagaimana sih, cara merawatnya? Ini dia 5 cara merawat gearbox!

1. Mengganti Oli Mobil Secara Rutin

ganti oli mobil secara rutin
ganti oli mobil secara rutin

Oli mobil merupakan cairan yang digunakan sebagai pelumas komponen-komponen yang berada di dalam mesin. Tujuannya agar kinerja mesin bisa beroperasi maksimal. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengganti oli mobil secara rutin agar gearbox bisa berfungsi secara maksimal karena komponen-komponen di dalamnya selalu terjaga.

2. Memanaskan Mobil

memanaskan mobil secara berkala
memanaskan mobil secara berkala

Memanaskan mobil bisa membantu oli mobil untuk masuk ke celah-celah mesin yang perlu untuk dilumasi. Saat didiamkan begitu lama maka oli mobil akan turun sehingga mesin bagian atas mengering. Agar oli mobil naik kembali maka mesin mobil harus dipanaskan agar ringan. Selain itu, memanaskan mobil juga bertujuan agar sistem transmisi lebih terawat dan gearbox juga akan bertahan lama.

3. Service Secara Berkala

service mobil secara berkala
service mobil secara berkala

Bagi kamu yang memiliki kendaraan, penting sekali untuk service secara rutin setiap 6 bulan sekali dalam 3 tahun. Tujuannya adalah agar performa mobil bisa tetap maksimal. Salah satunya agar gearbox bisa berfungsi secara optimal. Selain itu, kendaraan yang selalu diservice bisa membuat harga jual tetap terjaga. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan service secara rutin ke bengkel terpercaya. Harga service mobil berbeda-beda tergantung dengan merek mobil dan kerusakaannya.

Nah itu dia, fungsi, ciri-ciri gearbox yang rusak dan bagaimana cara merawat gearboc agat bisa bertahan lama. Merawat gearbox sama halnya merawat ban mobil dan mesin. Sebab, apabila gearbox rusak akan membuat suatu kendaraan tidak bosa berjalanan secara optimal.

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan