Kapan Waktunya Ganti Ban Mobil

Meskipun ban mobil merupakan salah satu aspek yang cukup vital pada mobil, tidak sedikit pemilik mobil yang mengabaikan kondisi ban mobil yang mereka miliki, bahkan lebih memilih menunda ketika ganti ban mobil menjadi keharusan. Padahal, banyak resiko yang bisa ditimbulkan terkait dengan kondisi ban yang bahkan bisa mengancam nyawa pengemudi dan orang disekitarnya.

Berdasarkan hasil survey tercatat, 20% kecelakaan mobil terjadi akibat kondisi ban yang sudah tidak layak pakai. Tidak ingin hal ini terjadi pada kalian bukan? Mulailah untuk lebih memperhatikan kondisi ban dan segerakan mengganti dengan ban baru kalau ban sudah tidak layak pakai.

Ganti Ban Mobil

Waktu Ganti Ban Mobil

Kapan waktunya ban mobil harus diganti? Segerakan mengganti ban ketika ban sudah tidak layak pakai. Berikut ini ciri-ciri ban yang sudah tidak layak pakai:

Usia Ban Mobil 3 Tahun

Saat ban mobil memasuki usia 3 tahun, sangat disarankan untuk segera diganti. Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastisitasnya terus berkurang. Ketika ban sudah tidak memiliki elastisitas, meskipun mobil jarang digunakan dan kembangan masih tebal ban akan terasa lebih keras membuat kenyamanan berkendara sangat terganggu.

Ban Sering Kempes dan Berulang Kali di Tambal

Kondisi ban yang sering kempes atau bocor dan berulang kali ditambal, membuat kekuatan untuk menahan beban semakin berkurang. Bila dibiarkan terus menerus bisa membahayakan.

Permukaan Ban Tipis

Untuk mengetahui ketipisan ban cukup dengan melakukan pengecekan Trade Wear Indicator (TWI) yang terdapat pada ban. Bila posisi permukaan ban sudah sejajar dengan TWI sudah waktunya untuk mengganti ban mobil.

Terjadi Keretakan Pada Ban Mobil

Keretakan ban mobil biasanya terjadi karena ban yang digunakan memiliki kualitas yang buruk atau pengaruh cuaca. Segerakan untuk mengganti dengan ban baru bila ban sudah dalam kondisi ini.

Terdapat Benjolan pada Ban Mobil

Resiko yang paling sering terjadi ketika terdapat benjolan pada ban adalah ban pecah ketika dikendarai. Benjolan pada ban mobil biasanya terjadi akibat sering menghantam jalan rusak atau berlubang. Kalau ban sudah benjol wajib untuk segera diganti, resiko yang bisa terjadi adalah pecah ban ketika dikendarai. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi ketika ban pecah ketika dikendarai dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Mencapai atau Melewati Batas Tempuh Ban

Setiap ban memiliki batasan untuk jarak tempuh. Batas maksimal untuk jarak tempuh setiap ban biasanya di angka 40.000km. Meskipun ban belum memasuki batas usia pemakaian (3tahun), disarankan untuk mengganti ban mobil ketika sudah melewati batas maksimal jarak tempuh ban mobil tersebut.

Kalau kondisi ban mobil yang kamu miliki memiliki ciri seperti diatas, disarankan untuk sesegera mungkin menggantinya dengan ban baru.

Bagi kamu-kamu yang ingin ganti ban mobil dan membutuhkan ban dengan kualitas terbaik, TKB Group Indonesia bisa diandalkan. TKB Group Indonesia merupakan salah satu distributor ban Brand asli Indonesia Accelera, Forceum, dan ZeeteX yang dikenal memiliki teknologi sound resistance terbaik. Selain menawarkan ban mobil, TKB Group Indoneisa juga menjual velg HSR Wheel, brand lokal Indonesia dengan kualitas material dan desain terbaik.

Tertarik membeli produk velg dan ban di TKB? TKB Group Indonesia memiliki toko cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk melihat alamat dan kontak toko cabang TKB bisa lihat disini. Bila daerah kamu belum terdapat toko cabang TKB terdekat, TKB Group memberikan pelayanan GRATIS ONGKOS KIRIM yang berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan