Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Merawat Ban Mobil

Ban mobil yang tidak dirawat dengan baik, pastinya akan cepat rusak. Ban mobil memiliki batas usia pemakaian 3 tahun, untuk mencapai batas usia pemakaian ban pastikan untuk selalu merawat ban mobil dengan baik. Selain itu, perawatan pada ban juga bertujuan untuk menjaga ban agar tetap memiliki performa yang maksimal untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil

Untuk merawat ban mobil sebenarnya bukan sesuatu yang sulit dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Disini kami akan mencoba untuk memberikan beberapa tips dalam melakukan perawatan pada ban mobil.

Selalu Memeriksa Tekanan Angin Secara Berkala

Memeriksa Tekanan Angin

Tekanan angin sangat berpengaruh terhadap performa dan keawetan ban mobil. Jadi selalu pastikan tekanan angin pada ban tetap ideal, tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Selain bisa mengurangi umur pemakaian ban, tekanan angin pada ban yang tidak ideal juga bisa mengakibatkan penggunaan bahan bakar lebih boros, ban gampang pecah, mobil lebih sulit dikendalikan, daya cengkeram tidak maksimal yang membuatnya gampang selip serta fungsi pengereman tidak maksimal. Selain ban, tekanan angin yang kurang ideal juga akan mempengaruhi umur pemakaian velg mobil.

Rotasi Ban Secara Berkala

Merotasi ban secara berkala bisa membuat ban lebih awet. Karena, ban pada roda depan lebih banyak menerima gesekan, baik itu pada saat bermanuver atau berbelok serta saat melakukan pengereman yang membuat ban pada roda depan lebih cepat haus dibandingkan roda belakang. Untuk itu, melakukan rotasi secara berkala sangat dianjurkan minimal 7500-10.000 kilometer jarak penggunaan pada kendaraan.

Jangan Membawa Beban Berlebih

Setiap ban memiliki daya tahan yang terbatas terhadap beban, jadi pastikan untuk tidak membawa beban yang berlebih. Untuk mengetahui daya tahan ban pastikan memahami cara membaca kode pada ban.

Tutup Pentil Harus Selalu Tepasang

Tutup pentil merupakan komponen yang paling sering di abaikan. Padahal, fungsi komponen ban ini terbilang cukup vital. Tutup pentil tersebut berguna untuk menggindari pentil dari kotoran dan juga mencegah keluarnya angin pada ban yang bisa menyebabkan tekanan angin pada ban berkurang.

Periksa Ban Secara Visual

Sempatkan waktu diri untuk memeriksa ban secara visual, untuk melihat apakah ada bejolan, sayatan, atau pun keretakan pada permukaan ban. Bila menemukan hal tersebut saat melakukaan pemeriksaan secara visual, sangat disarankan untuk segera mengganti ban mobil dengan yang baru. Kemungkinan terburuk bila mempertahankan ban dengan kondisi demikian, bisa menyebabkan pecah ban saat dikendarai.

Selain melakukan perawatan dengan baik, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan ban. Pastikan memilih ban yang berkualitas, dan sangat tidak disarankan membeli ban bekas atau ban vulkanisiran. Beli ban baru dengan kualitas yang baik memang lebih mahal dibandingkan ban bekas ataupun ban vulkanisir. Meskipun lebih mahal, namun umur pemakaian ban lebih lama.

Kalau sudah waktunya untuk mengganti ban mobil, TKB Group Indonesia bisa diandalkan. TKB menjual ban dengan kualitas terbaik dari brand Accelera, Forceum, dan ZeeteX. Selain ban. TKB Group Indonesia juga menjual velg HSR Wheel, velg yang saat ini masih menjadi andalan drifter nasional Akbar Rais untuk ajang drifting yang di ikutinya.

Bagi kalian yang tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh TKB Group Indonesia, bisa langsung menghubungi kontak toko atau mendatangi toko cabang TKB Group Indonesia terdekat. Untuk kota yang belum terjangkau toko cabang TKB, tidak perlu khawatir. TKB memiliki program GRATIS ONGKOS KIRIM keseluruh wilayah di Indonesia.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan