Perbedaan Mobil Derek dan Towing

Perbedaan Mobil Derek dan Towing

Perbedaan Mobil Derek dan Towing – Pada saat mobil kesayangan terjebak di daerah banjir, mana yang akan kamu hubungi, mobil derek atau pihak penyedia mobil towing? Ketika situasi ini sedang dialami, maka menghubungi penyedia layanan mobil towing adalah jalan terbaik.

Walaupun banyak yang mengira keduanya mirip, namun ternyata mobil derek dan juga towing memiliki perbedaan dari jenis layanan yang ditawarkannya. Untuk kamu sebagai pemilik mobil tentu saja perlu mengetahui perbedaan fungsi kedua layanan ini agar tak salah ketika membutuhkannya dalam kondisi darurat.

Perbedaan Mobil Derek dan Towing

Mobil derek sendiri biasanya menggunakan kendaraan dengan jenis truk. Pada bagian belakang mobil truk tersebut biasanya dipasangi alat yang memiliki fungsi untuk menderek sebuah mobil. Untuk menderek sebuah mobil, mobil akan diderek dengan cara diangkat bagian roda depan atau belakangnya saja. Hal tersebut berguna untuk menderek sebuah mobil yang memiliki fungsi rem tangan yang aktif.

Biasanya mobil derek digunakan atau dijalankan oleh Dinas Perhubungan untuk menderek mobil-mobil yang melanggar parkir atau mobil korban kecelakaan. Sedangkan mobil towing sendiri adalah sebuah mobil truk yang mengangkut mobil secara keseluruhan.

Dilansir melalui Kompas.com, mobil towing sendiri memiliki dua jenis, yaitu mobil towing hidrolik dan juga towing gendong. Untuk mobil towing gendong, mobil akan diangkut seperti biasanya di bagian belakang. Sedangkan untuk mobil towing jenis hidrolik, secara kerjanya memang mirip dengan towing gendong. Namun perbedaannya ada pada cara mengangkut mobil. Bak angkut mobil towing akan diturunkan ke bagian paling rendah, lalu mobil akan dinaikkan tepat di atas bak tersebut.

Setelah itu mobil akan otomatis terangkat dengan memanfaatkan sistem hidrolik. Biasanya, towing hidrolik ini digunakan untuk mobil-mobil jenis premium yang memiliki ketinggian atau ground clearance rendah. Hal ini agar bagian bawah mobil tersebut tidak tergesek dengan permukaan bak angkut mobil.

Untuk kamu yang memang membutuhkan jasa towing mobil untuk kendaraan kesayangan kamu tersebut, maka ada beberapa produsen mobil di Indoonesia yang menyediakan layanan ini untuk membantu para konsumennya apabila terjebak banjir atau semacamnya. Sebut saja seperti produsesn mobil Suzuki dan Honda yang menawarkan towing gratis kepada konsumennya yang terdampak banjir.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan