10 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik Beserta Biaya Bahan Bakar

10 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik Beserta Harga BBM

Pemerintah resmi menaikan harga bahan bakar pada tanggal 3 September 2022, mulai dari pertamax, pertalite, dan solar subsidi. Hal ini membuat banyak orang sibuk mencari mobil yang irit bahan bakar. Salah satunya mobil yang dianggap irit konsumsi bahan bakar adalah mobil tipe MPV.

Mobil MPV merupakan mobil andalan banyak orang untuk bisa berpergian bersama keluarga. Sehingga sering disebut sebagai mobil keluarga. Berikut ini 10 rekomendasi mobil keluarga terbaik yang bisa kamu beli beserta biaya konsumsi bahan bakarnya.  Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

10 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik Beserta Biaya Konsumsi BBM

Mobil multi purpose vehicle (MPV)  merupakan mobil yang dirancang sebagai mobil keluarga. Mobil ini memiliki kabin yang luas sehingga bisa memuat banyak barang. Selain itu, mobil ini juga terkenal dengan irit konsumsi bahan bakarnya. Berikut ini 10 rekomendasi mobil keluarga beserta biaya konsumsi BBM.

1. Toyota Avanza

Toyota All New Avanza
Toyota All New Avanza

Toyota Avanza merupakan salah satu mobil MPV yang populer bagi masyarakat Indonesia. Mobil ini memiliki kabin yang luas dan tampilan luar yang elegan. Avanza menggunakan mesin 2NR-FE dengan kapasitas 1.497 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Berdasarkan spesifikasi yang diumumkan oleh pabrik, Avanza memiliki kapasitas tangki mencapai 42 liter.

Dengan harga bensin pertalite yang per liternya sebesar Rp 10.000 dan pertamax Rp 14.500. Sehingga jumlah biaya yang diperlukan untuk mengisi bahan bakar sampai kapasitas tangki terpenuhi adalah Rp 420.000 untuk BBM jenis pertalite dan Rp 609.000 BBM jenis pertamax.

2. Daihatsu All New Xenia

Daihatsu All Xenia
Daihatsu All Xenia

Mobil MPV selanjutnya ada Daihatsu All New Xenia. Mobil jenis ini memiliki penampilan luar yang gagah dan elegan. Selain itu, Xenia juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bisa membuat kinerja mobil menjadi lebih optimal.

Mesin yang digunakan ada dua pilihan, yakni 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i dan 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Xenia memiliki kapasitas tangki sebesar 45 liter dengan jenis bahan bakar yang digunakan adalah pertalite dan pertamax. Sehingga biaya bahan bakar Daihatsu Xenia agar terisi full sekitar Rp 450.000 untuk pertalite dan Rp 625.500 untuk pertamax

3. Hyundai Staria

Hyundai satria
Hyundai staria

Hyundai Staria merupakan mobil jenis MPV yang memiliki tampilan luar yang gahar dan tangguh. Mobil ini laku di pasaran Indonesia dan termasuk kategori mobil mewah. Staria hadir mengunakan mesin diesel dengan spesifikasi mesinnya bertipe R 2.2 CRDi dan kapasitas 2.199 cc, 4 silinder, turbocharge.

Dengan bodi mobil yang besar, kapasitas tangki yang dibutuhkan sekitar 75 per liter berdasarkan spesifikasi parbrik. Sehingga total biaya konsumsi bahan bakar yang diperlukan untuk bisa mengisi full sekitar Rp 1.282.500 untuk Dexlite dan Rp1.305.000 untuk Pertamina Dex.

4. Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer

Mobil keluarga terbaik selanjutnya ada Hyundai Stargazer. Mobil ini memiliki tampilan luar yang elegan dengan nuasa chrome yang menghiasi bodi mobil. Hyundai Stargazer menggunakan mesin bertipe 1.5L MPI dengan kapasitas 1.497 cc, 4 silinder, HLA.

Dengan kapasitas tangki mencapai 40 per liter berdasarkan spesifikasi dari pabrik. Kapasitas tangki Hyundai Stargazer lebih rendah daripada Avanza atau Veloz. Sehingga biaya yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar sampai full sekitar Rp 400.000 untuk BBM jenis pertalite dan Rp 580.000 untuk BBM jenis pertamax.

5. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander merupakan mobil keluarga yang memiliki tampilan luar yang sporty dan tangguh. Mobil ini laku di pasaran Tanah Air. Sebab spesifikasi dan penampilan interior maupun eksterior yang sangat menarik hati masyarakat Indonesia.

Mesin yang digunakan oleh mobil ini adalah  mesin berkode 4A91 dengan kapasitas 1.499 cc, 4 silinder, DOHC, MIVEC dengan kapasitas tangki yang dibutuhkan sebanyak 45 liter. Sehingga biaya yang diperlukan mencapai Rp 450.000 per liter untuk BBM jenis pertalite dan Rp 625.500 untuk BBM jenis pertamax.

6. Honda Mobilio

Honda Mobilio
Honda Mobilio

Honda mobilio merupakan mobil tipe MPV yang memiliki tampilan sporty dan gagah. Tampilan depan mobil ini mirip dengan Honda Brio. Karena penampilan luar yang sangat gagah membuat mobil ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Mesin yang dipakai mobil ini adalah mesin tipe berkode L15ZF dengan kapasitas 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, i-VTEC. Kapasitas tangki yang dibutuhkan sebanyak 42 liter menurut standar pabrikannya. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi BBM agar terisi full sekitar Rp 420.000 untuk BBM jenis pertalite dan Rp 609.000 untuk jenis pertamax.

7. Honda HR-V

Honda HR-V
Honda HR-V

Mobil MPV selanjutnya ada Honda HR-V. Mobil ini memiliki tampilan luar yang sporty sehingga banyak diminati oleh kaum muda. Mesin yang dipakai oleh HR-V, yaitu mesin tipe 2NR-FE dengan kapasitas 1.497 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i.

Kapasitas tangki yang dibutuhkan menurut spesifikasi standar pabrik sebanyak 42 liter. Sehingga biaya untuk konsumsi BBM sampai tangki full sekitar Rp 420.000 untuk BBM jenis pertalite dan Rp 609.00o untuk BBM jenis pertamax.

8. Toyota Kijang Innova

Kijang Innova
Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova merupakan mobil terlaris di Indonesia karena penampilan yang simple dan fitur-fitur mobil yang lengkap. Sehingga mobil ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Mesin yang digunakan tipe 1TR-FE berkapasitas 1.998 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i.

Mobil keluarga terbaik ini memiliki kapasitas tangki sebesar 55 liter. Apabila mengacu pada harga BBM pertamax, maka biaya yang diperlukan untuk mengisi penuh Toyota New Kijang Innova membutuhkan biaya Rp797.500. Sementara untuk mengisi Innova dengan BBM diesel, Pertamina menyediakan dexliter dengan harga Rp17.100 per liter dan Pertamina Dex seharga Rp17.400 per liter.

Baca Juga: Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

9. Toyota Voxy

Toyota All New Voxy
Toyota All New Voxy

Toyota Voxy memiliki tampilan luar yang elegan dan mewah. Mesin yang dipakai berkode M20A-FKS dengan kapasitas 1.986 cc, 4 silinder, DOHC. Voxy telah mengantongi emisi Euro4 ini dibutuhkan bahan bakar dengan oktan minimal 92, yang artinya menggunakan Pertamax.

Kapasitas tangki Toyota Voxy mirip dengan Toyota Innova, yaitu 52 liter berdasarkan spesifikasi pabrikan. Sehingga biaya untuk mengisi tangki sampai full Rp 754.000 dengan menggunakan full Pertamax karena oktan yang digunakan harus 92.

10. Toyota Veloz

Toyota Veloz
Toyota Veloz

Mobil keluarga terbaik berikutnya ada Toyota Veloz. Mobil ini memiliki tampilan luar yang gahar dengan adanya grill pada bagian depan. Tipe mesin yang digunakan 2NR-FE dengan kapasitas 1.497 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i.

Berdasarkan spesifikasi pabrikan, kapasitas tangki yang diperlukan mencapai 42 liter. Sehingga biaya yang diperlukan untuk mengisi full tangki sebesar Rp430.000 jika menggunakan Pertalite dan Rp623.500 jika menggunakan Pertamax.

Nah itu dia 10 mobil keluarga terbaik beserta biaya konsumsi bahan bakarnya. Setelah kamu mengetahuinya, kamu milih yang mana sobat Haiser, apakah Avanza yang selalu terdepan atau HR-V? Apapun mobil yang kalian pilih, jangan lupa ganti velg kalian dengan velg HSR Wheel karena sudah terjamin kualitasnya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan