Saat Musim Hujan, Jaga 4 Komponen Penting Mobil Ini

Komponen Penting Mobil

Hujan merupakan salah satu cuaca yang ada di Indonesia. Ketika hujan tiba, para pemilik mobil harus mempersiapkan semuanya. Termasuk komponen penting mobil yang diharuskan tidak ada trouble. Untuk itu kamu harus memastikan semua komponen yang ada pada mobil kamu bisa berfungsi dengan baik dan normal.

Komponen Penting Mobil

Untuk kondisi hujan sendiri, ada beberapa komponen yang perlu mendapatkan perhatian ekstra dari kamu. Jika salah satu komponen ini mengalami masalah ketika digunakan khususnya dimusim hujan, maka bisa membahayakan pengemudi serta penumpangnya. Maka dari itu,kamu perlu mengetahui komponen mobil yang perlu kamu jaga ketika musim hujan.

Komponen Penting Mobil : Wiper

Wiper adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting ketika cuaca hujan datang. Jika mobil kamu tidak ada wiper ataupun wiper mobil kamu sedang keadaan rusak, maka pastinya sangat membahayakan ketika mengemudi dalam keadaan hujan maka pandangan pengemudi dipastikan terganggu.

Ban

Kondisi ban mobil juga harus selalu dicek sebelum melakukan perjalanan, apakah masih memiliki alur dan kembangan atau sudah halus. Ban yang sudah botak tentu saja akan membahayakan penumpang ketika dikendarai di jalanan yang basah, dan bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Lampu Depan

Komponen lampu utama ini memiliki peran yang penting terutama ketika sedang terjadi hujan lebat. Lampu utama bisa menhindarkan penumpang dan juga pengemudi dari terjadinya kecelakaan. Menyalakan lampu utama saat terjadi hujan deras bisa membantu visibilitas ketika mengemudi di tengah hujan.

Selain itu, menyalakan lampu utama juga bisa membantu pengemudi lain bisa mengetahui posisi mobil di arah yang berlawanan. Oleh sebab itu, lampu merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk dijaga kondisinya.

Lampu Belakang (Rem)

Lampu belakang atau biasa disebut dengan stop lamp merupakan komponen penting lainnya yang harus rutin diperiksa ketika musim hujan tiba. Stop lamp diperlukan guna memberi peringatan kepada pengemudi di belakang mobil kamu untuk berhati-hati ketika stop lamp menyala.

Jika stop lamp dalam keadaan mati, pengemudi yang dibelakang tidak bisa mengetahui apabila mobil kamu sedang dalam kondisi mengerem. Apabila itu terjadi, maka benturan dari belakang pun mungkin bisa saja terjadi. Karena itulah, stop lamp juga menjadi salah satu komponen penting yang perlu kamu jaga kondisinya.

Dan itulah 4 komponen penting pada mobil yang perlu kamu beri perhatian lebih pada saat musim hujan. Semoga Bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan