Modifikasi Setir Mobil, Kenapa Tak Dianjurkan?

Modifikasi Setir Mobil

Modifikasi Setir Mobil – Untuk kamu yang memiliki sebuah kendaraan khususnya mobil, mungkin akan merasakan mobil yang dimilikinya memiliki tampilan kurang bergaya. Hasrat tersebut biasanya diobati dengan melakukan beberapa modifikasi. Banyak para modifikator yang melakukan modifikasi pada kendaraannya agar tampil semenarik dan seunik mungkin ketika berkendara di jalanan.

Biasanya, para modifikator melakukan beberapa ubahan atau modifikasi pada sisi interior dan juga eksterior mobil kesayangan. Namun ada juga beberapa pengguna mobil yang melakukan ubahan serta modifikasi pasa sisi setir mobil. Ketika hal tersebut dilakukan, pengemudi harus siap dalam menerima konsekuensi yang ada, sebut saja seperti mengganggu kenyamanan dan juga keselamatan.

Modifikasi Setir Mobil Berbahaya

Penggantian atau modifikasi setir mobil sendiri tidak disarankan untuk dilakukan oleh pabrikan karena memiliki beberapa risiko. Dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia, pemilik mobil perlu mengetahui beberapa akibat dan konsekuensi yang harus ditanggung apabila melakukan penggantian setir. Berikut beberapa konsekuensi yang akan muncul apabila kamu memaksa untuk melakukan penggantian atau modifikasi setir mobil.

1. Ukuran Setir Mobil Berbeda

Hal pertama yang perlu kamu ketahui ketika melakukan penggantian setir dengan produk aftermarket adalah berbedanya ukuran setir tersebut dengan setir asli. Banyak produk setir mobil aftermarket yang dijual di pasaran, ukuran dan bentuknya pun bermacam-macam. Apabila kamu memilih setir yang memiliki ukuran berbeda dengan yang asli, maka hal tersebut akan memberikan rasa yang berbeda ketika sedang berkendara.

2. Hilangnya Safety dan Kenyamanan

Konstruksi yang ada pada setir asli pabrikan sudah diperhitungkan untuk sisi keselamatan dan juga kenyamanan pengemudi ketika sedang mengemudi. Dengan melakukan penggantian tersebut, maka kamu mungkin sudah mengorbankan kedua hal tersebut.

3. Mengganggu Fitur dan Fungsi

Hal terakhir yang harus ditanggung pemilik mobil ketika mengganti kemudi mobil adalah tidak berfungsi dengan baiknya beberapa fitur yang terkait dengan kemudi. Apabila kamu memiliki sebuah mobil dengan kemudi aslinya memiliki tombol navigasi, maka akan membuat tombol tersebut terganggu hingga tak berfungsi kembali.

Dan apabila setir kamu juga memiliki airbag, maka ketika diganti dengan setir aftermarket maka fitur tersebut akan berkurang. Tentu saja dengan hilangnya airbag tersebut akan membuat tingkat keselamatan pengemudi berkurang.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan