4 Gaya Mengemudi Mobil Manual yang Berimbas Boros BBM

Boros BBM

Mobil transmisi manual memang banyak dibicarakan bahwa memiliki kelebihan awet dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dibandingkan mobil matik. Padahal urusan penggunaan bahan bakar bukan diukur hanya dari jenis transmisinya saja. Faktor lain yang bisa membuat mobil manual boros bbm adalah gaya mengemudinya.

Boros BBM Karena Gaya Mengemudi yang Buruk

Setidaknya terdapat 4 kebiasaan buruk pengemudi yang masih dilakukan sehingga dapat menyebabkan bbm boros. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Pindah Gigi Saat RPM Tinggi

Hal pertama yang masih menjadi kebiasaan buruk pengemudi mobil manual adalah melakukan perpindahan gigi pada saat putaran mesin tinggi. Cara ini tentu saja tidak dianjurkan karena dapat membuang bahan bakar secara percuma. Ada baiknya lakukan perpindahan gigi di antara 2.000 hingga 2.500 rpm saja. Selain itu, perhatikan juga gigi yang digunakan perlu sesuai dengan kondisi lalu lintas dan medan yang dilewati.

Posisi Gigi Tidak Sesuai

Berbicara tentang gigi transmisi, tidak memerhatikan penggunaan gigi yang tak sesuai dengan kondisi lalu lintas atau medan jalan juga menjadi kebiasaan buruk banyak pengemudi mobil manual. Hal ini sering terjadi ketika putaran mesin sudah meminta untuk berpindah gigi, namun pengemudi abai dan tetep bertahan di gigi yang sama.

Ini juga berlaku sebaliknya, pada saat putaran mesin merespon ingin untuk menurunkan gigi ke lebih rendah namun pengemudi tidak merespon. Ketika hal ini terjadi, mobil akan “ngeden” dan disaat yang bersamaan bensin akan cepat sekali berkurang.

“Ngegas” tanpa Tahapan

Gaya mengemudi yang buruk dan tidak sabaran seperti menginjak pedal gas hingga dalam tanpa melalui tahapan yang benar menjadi faktor besar terhadap konsumsi bahan bakar. Walau demikian, hal ini amsih sering dilakukan oleh beberapa pengemudi mobil manual.

Ada baiknya, pada saat ingin mendapat akselerasi tinggi, biasakan untuk menginjnak pedal gas secara bertahap. Terapkan juga kebiasaan seperti ini apabila mobil kamu ingin menjadi lebih irit.

Boros BBM Karena Membawa Muatan Berlebih

Pengemudi mobil sering sekali abai terhadap muatan atau beban yang dibawanya. Kebiasaan memuat barang berlebih ternyata dapat memengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Dengan beban berlebih juga membuat mesin menjadi bekerja lebih keras dibandingkan biasanya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan