4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab mesin mobil cepat panas (overheat) sendiri ada beberapa faktor. Overheat merupakan istilah di mana kondisi mesin mobil ada pada konsisi suhu yang sangat tinggi akibat kehabisan cairan pendingin. Atau biasanya terjadi masalah pada komponen yang ada pada sistem pendingin.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Apabila kondisi ini dibiarkan terlalu lama, maka akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab mobil mobil cepat panas. Dikutip melalui laman resmi Auto2000, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Radiator Mengalami Kerusakan

Penyebab mesin mobil cepat panas yang pertama adalah karena rusaknya radiator, penyebab ini adalah hal umum yang biasa terjadi pada mobil. Seperti yang sudah diketahui, fungsi radiator mobil adalah untuk menjaga suhu mobil tetap stabil. Ketika radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga ikut bermasalah.

Permasalahan pada radiator sendiri yang dapat menjadi penyebab mesin mobil cepat panas diantaranya karena selang radiator bocor, penggunaan cairan radiator yang tidak tepat, dan sirkulasi radiator yang tidak lancar.

2. Penggunaan Oli yang Tidak Standar

Penyebab mesin mobil overheat selanjutnya ada pada oli yang tidak sesuai dengan standar. Oli dengan kualitas rendah memiliki ketahanan terhadap panas yang rendah, sehingga cepat sekali untuk menguap.

Hal ini membuat mesin mobil mengalami gesekan yang cukup kuat dan menyebabkan kondisi mesin mobil kepanasan. Maka dari itu, kamu perlu waspada apabila ada yang menjual oli mesin dengan harga murah. Lebih baik membelli oli mesin yang sudah sesuai dengan standarnya.

3. Thermostat Tidak Berfungsi

Fungsi thermostat adalah untuk saling bekerja sama dengan radiator saat mengukur suhu mobil. Atau bisa dikatakan bahwa thermostat ini adalah otak dari radiator. Ketika suhu rendah, maka thermostat akan mengatur agar air tidak meninggalkan radiator.

Sedangkan ketika suhu sedang tinggi, thermostat akan membuat air masuk ke dalam mesin. Ketika komponen ini mengalami masalah, maka tidak ada lagi yang bisa mengatur keluar masuknya air dari radiator ke mesin. Dan tentu hal tersebut membuat mobil akan menjadi lebih cepat panas.

4. Kipas Pendingin Tidak Berfungsi

Ketika mesin mobil kamu lebih cepat panas, maka kamu bisa melakukan pemeriksaan kipas pendingin pada mobil. Hal ini dikarenakan kipas pendingin memiliki fungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Jadi, ketika kipas pendingin ini rusak maka udara luar yang dingin tidak akan bisa masuk ke mesin mobil.

Dan hal tersebut tentu mengakibatkan mesin akan menjadi lebih mudah panas. Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas ini menjadi rusak. Diantaranya adalah dari sisi dinamo yang menggerakan kipas tersebut. Alasan lainnya ialah pemasangan kipas yang terbalik, sehingga membuat kipas malah menyedot udara panas.

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021