5 Kelebihan Mobil Diesel yang Harus Diketahui

mobil diesel1

Mobil diesel memang memiliki segmentasi tersendiri di Indonesia. Ada banyak berbagai macam pilihan mobil diesel yang tersedia, yaitu Pajero Sport, Toyota Fortuner,  hingga Toyota Inova. Mobil diesel juga tak pernah luput dikeluarkan oleh setiap pabrikan mobil.  Lantas, apa yang membuat mobil diesel masih terus eksis hingga saat ini? Berikut uraian kelebihan yang dimiliki mobil diesel.

kelebihan mobil diesel

Mesin Diesel Tangguh dan Awet

Kelebihan ini sepertinya sudah diakui semua orang terkait mobil diesel, yaitu ketangguhan dan keawetan mesinnya yang masih bandel meskipun usianya sudah terbilang lawas. Ada banyak mobil diesel yang saat ini masih berseliweran di jalanan, padahal mobilnya sudah termasuk lawas seperti Toyota Kijang LGX, Mitsubishi L300, dan Isuzu Panther. Mobil diesel lebih tangguh daripada mesin bensin bensin lantaran tekanan pembakaran pada mesinnya lebih tinggi dibandingkan mesin bensin.

Torsi Maksimum

Mobil diesel memiliki torsi yang cukup besar, sehingga saat menginjak gas tak perlu terlalu dalam untuk menjalankannya. Kelebihan ini pula yang menjadikan mobil diesel sering dibawa ke medan ekstrim seperti pegunungan dibandingkan mobil yang menggunakan mesin bensin.

Irit Bahan Bakar

Keiritan bahan bakar mobil diesel tak perlu diragukan lagi. Kelebihan ini juga yang membuat mobil diesel banyak digunakan untuk kendaraan komersial seperti truk dan bus. Mobil diesel dipilih lantaran lebih irit dan juga tangguh dibawa kemana pun. Ditambah lebih irit juga karena tak perlu dalam-dalam menginjak gas.

Tidak Menggunakan Busi

Mobil diesel tidak menggunakan busi atau kawat sebagai sumber pengapian, sehingga mesin diesel otomatis menyala. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri karena mobil bermesin diesel tak perlu khawatir jika harus melewati genangan air tinggi sekalipun. Selain itu, perawatannya lebih mudah dibandingkan mobil bermesin bensin.

Minim Resiko Ledakan atau Terbakar

Mobil diesel menggunakan bahan bakar solar yang dinilai lebih aman daripada bensin karena tidak akan meledak sekalipun terkena sumber panas yang tinggi. Selain itu bahan bakar mesin diesel tidak mengeluarkan uap seperti bensin yang dapat menyebabkan kebakaran. Kelebihan ini dapat meminimalisir reiko terjadinya ledakan hingga kebakaran. Selain itu, mobil diesel memiliki mesin yang lebih dingin daripada mesin bensin, sehingga kinerjanya lebih efisien.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan