5 Tanda Koil Mobil Rusak yang Wajib Diketahui

Tanda Koil Mobil Rusak

Tanda Koil Mobil Rusak – Koil adalah salah satu komponen yang sangat penting di dalam sebuah sistem pengapian mobil agar mampu menciptakan arus listrik tegangan tinggi 20.000 hingga 30.000 volt. Lalu kemudian dari listrik tegangan tinggi tersebut akan dikonversi oleh busi sehingga terjadi percikan api dalam ruang bakar mesin. Lalu, bagaimana tanda koil mengalami kerusakan?

5 Tanda Koil Mobil Rusak

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, sebenarnya ada sebuah ciri yang menandakan koil melemah dan mengalami kerusakan. Untuk mengatuinya kamu bisa melihat rangkuman di bawah ini :

Koil Panas

Tanda koil mobil rusak yang pertama adalah adanya rasa panas ketika diraba. Panas yang muncul tersebut terasa sangat berbeda dengan kondisi yang normal. Biasanya, hawa panas ini muncul karena usia koil yang sudah cukup berumur atau adanya nilai resistansi gulungan kawat primer & sekunder yang sudah sangat besar.

Kondisi yang terjadi inilah yang membuat hawa panas berlebih akan terasa pada koil ketika kamu pegang. Tentu saja hawa panas ini dapat memengaruhi kinerja maksimal koil itu sendiri.

Adanya Percikan Api pada Koil

Munculnya percikan api pada sistem kerja oil memang masih dalam wajar. Namun berbeda apabila muncul percikap api dari komponen koil itu sendiri, jika itu terjadi maka bertanda bahwa koil sudah mulai melemah. Dan yang menyebabkan kemungkinan besar adalah insulator koil mengalami kebocoran.

Kamu juga bisa melakukan pengecekan dengan menyemprotkan spray air ke koil ketika mesin menyala. Dan sebaiknya lakukan hal ini pada kondisi yang minim cahaya atau gelap agar dapat melihat percikan api yang lebih jelas. Apabila kondisi koil normal, maka ketika di semprot tidak akan muncul percikan apa. Sebaliknya, apabila koil bocor, maka akan muncul percikan api.

Percikan Api Dari Busi Tidak Biasa

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, koil ini membantu busi untuk menciptakan percikan api di dalam ruang bakar mesin. Namun, apabila percikan api yang timbul terlalu lemah, kecil, dan juga berwarna kuning kemerahan, maka bisa jadi koil mengalami penurunan kinerja atau sudah lemah.

Koil Panas, Mesin Tidak Bisa Hidup

Koil yang sudah mulai melemah akan membuat mesin menjadi susah untuk dihidupkan. Hal tersebut terjadi dikarenakan kondisi koil yang sudah terlalu panas. Resistansi kumparan sekunder meningkar hingga mengakibatkan terhambatya arus listrik yang membuat percikan api di dalam busi tidak muncul.

Starter Mobil Lebih Lama

Pernahkah Haiser merasakan terlalu lama untuk melakukan starter saat menyalakan mobil? Apabila pernah, maka kamu perlu waspada karena hal tersebut berarti koil mobil sudah mulai melemah. Hal ii bisa terjadi karena campuran dari udara dan bahan bakar tidak menghasilkan arus listrik yang dibutuhkan. Dan akhirnya tidak ada percikan api di dalam busi. Hal inilah yang membuat mobil menjadi tidak bisa distarter dan membutuhkan waktu yang lama.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan