Mobil Sering Hantam Lubang, Segera Cek Komponen Ini!

mobil

Jalanan rusak atau berlubang sering ditemukan di jalanan Indonesia. Hal ini bisa disebabkan karena curah hujan yang tinggi atau material jalan yang kurang baik. Dampaknya, kendaraan-kendaraan yang melintas menjadi tidak nyaman karena mobil sering hantam lubang. Padahal, hal ini sangat merugikan dan bersiko merusak komponen-komponen yang rawan rusak di bagian kaki-kaki.

4 Komponen yang Rawan Rusak Akibat Mobil Sering Hantam Lubang

Ada beberapa komponen mobil yang rawan rusak ketika mobil sering hantam lubang. Sebaiknya, kamu segera mengecek komponen-komponen ini untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

Mobil Sering Hantam Lubang

Ban Mobil

Permukaan jalan yang rusak sangat berdampak pada kesehatan ban mobil. Sebab, ban mobil merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan jalanan berlubang, apalagi jika sering menghantam jalanan berlubang. Lambat laun mobil akan sangat terasa tidak nyaman karena mengalami ban mobil benjol. Hal ini diakibatkan oleh kawat ban yang telah putus sehingga menyebabkan terbukanya material dari dalam. Selain itu, biasanya roda yang rusak akibat hantaman lubang dapat membuat setir bergerak ke kiri dan ke kanan padahal setir tidak dikendalikan.

Velg Mobil

Velg mobil merupakan komponen yang beresiko alami kerusakan. Sebab, hantaman atau guncangan keras yang dialami ban menyebar ke bagian velg. Akibatnya, velg mobil bisa penyok, retak, bahkan pecah. Hal ini sangat membahayakan keselamatan pengendaranya, apalagi jika kualitas velg yang digunakan tidak terukur kekuatannya.

Lower Arm

Lower Arm bisa mengalami bengkok hingga patah saat mobil menghantam lubang, jika sudah terjadi kerusakan pada lower arm maka performa mobil tidak akan maksimal saat melaju di jalanan. Jika sudah rusak, lower arm harus diganti baru agar performa mobil kembali optimal.

Ball Joint

Ball joint juga termasuk dalam komponen yang rentan rusak saat mobil menghantam jalanan berlubang. Tanda-tanda kerusakannya diawali dengan suara-suara gaduh dan goyangnya ball joint saat bagian ban mobil didongkrak.

Saat mengendarai mobil melewati jalanan berlubang, kamu bisa meminimalisir kerusakan tersebut dengan memegang setir sekuat mungkin agar kondisi ban tetap stabil. Selain itu, pastikan kamu tidak menancap gas atau ngebut saat melintasi jalanan berlubang. Ditambah, hindari rem mendadak agar ban dan velg tidak rusak terkena benturan yang keras.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan