Kategori: Tips Otomotif

Inilah 4 Penyebab Indikator Check Engine Menyala Secara Tiba-Tiba!

Saat berkendara, terkadang lampu indikator check engine menyala secara tiba-tiba. Hal ini tak jarang membuat kamu panik. Sebab, jika menyala maka hal tersebut menandakan bahwa terdapat masalah pada mesin mobil kamu. Namun, tidak sedikit dari kita yang masih belum paham mengapa hal tersebut bisa terjadi. Nah berikut ini penjelasannya.

Penyebab Indikator Check Engine Menyala

Dalam hal ini, lampu indikator yang menyala biasanya disebabkan karena beberapa hal. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Tutup Bensin Tidak Rapat

Sebenarnya, tutup bahan bakar yang terbuka atau kurang rapat dalam penutupannya dapat membahayakan pengendara yang ada di dalamnya. Bahkan, penguapan pada bahan bakar tersebut dapat berakibat fatal hingga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran lho!.

Nah jika lampu indikator check engine menyala, maka kamu bisa mengecek pada bagian ini. Jika memang disebabkan karena hal tersebut, maka kamu bisa segera menutup rapat penutup tangki bensin dan mengecek apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Filter Udara Kotor

Sebenarnya, bila kondisi filter udara sudah terlalu kotor maka dapat menghambat suplai udara yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran. Kondisi inilah yang menyebabkan mass airflow sensor menjadi rusak sehingga menyebabkan lampu indikator check engine tersebut menyala.

Melakukan Pengecekan Pada Bagian Aki

Selain itu, kamu pun bisa melakukan pemeriksaan terhadap kondisi aki pada mobil kamu. Adapun untuk memeriksanya, kamu bisa mencabut terlebih dahulu kabel konektor negatif pada aki mobil kamu tersebut. Kemudian, tunggu hingga tiga detik.

Setelah itu, pasang kembali kabel konektor negatif pada kubunya. Lakukan pengecekan kembali terhadap lampu indikator mobil kamu tersebut. Jika masih menyala, kemungkinan ada kerusakan pada bagian sensor mobil.

Busi dan Kabel

Pada dasarnya, bila busi mengalami masalah maka akan membuat konsumsi bahan bakar pada mobil menjadi lebih boros. Hal tersebut disebabkan karena proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang mesin menjadi kurang optimal. Selain itu, kabel busi yang sudah mulai getas atau tidak terpasang dengan sempurna pun dapat mempengaruhi kinerja busi.

Adapun bila lampu indikator ini menyala, maka kamu bisa melakukan pengecekan terhadap kondisi busi dan juga kabelnya. Bila sudah kotor, maka kamu bisa membersihkannya dengan segara atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

Pos Terbaru

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus Selama PSBB

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus - Tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemprov DKI Jakarta… Read More

12 menit lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord - Honda Accord adalah mobil berjenis sedan premium yang… Read More

17 menit lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely - Untuk pasaran otomotif khususnya mobil di Indonesia. mungkin masyarakat… Read More

2 hari lalu

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama Saat PSBB

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama - Pada tanggal 14 september 2020 kemarin, Pemerintah Provinsi… Read More

2 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

4 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

4 hari lalu