Inilah 4 Penyebab Indikator Check Engine Menyala Secara Tiba-Tiba!

Saat berkendara, terkadang lampu indikator check engine menyala secara tiba-tiba. Hal ini tak jarang membuat kamu panik. Sebab, jika menyala maka hal tersebut menandakan bahwa terdapat masalah pada mesin mobil kamu. Namun, tidak sedikit dari kita yang masih belum paham mengapa hal tersebut bisa terjadi. Nah berikut ini penjelasannya.

Penyebab Indikator Check Engine Menyala

Penyebab Indikator Check Engine Menyala

Dalam hal ini, lampu indikator yang menyala biasanya disebabkan karena beberapa hal. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Tutup Bensin Tidak Rapat

Sebenarnya, tutup bahan bakar yang terbuka atau kurang rapat dalam penutupannya dapat membahayakan pengendara yang ada di dalamnya. Bahkan, penguapan pada bahan bakar tersebut dapat berakibat fatal hingga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran lho!.

Nah jika lampu indikator check engine menyala, maka kamu bisa mengecek pada bagian ini. Jika memang disebabkan karena hal tersebut, maka kamu bisa segera menutup rapat penutup tangki bensin dan mengecek apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Filter Udara Kotor

Sebenarnya, bila kondisi filter udara sudah terlalu kotor maka dapat menghambat suplai udara yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran. Kondisi inilah yang menyebabkan mass airflow sensor menjadi rusak sehingga menyebabkan lampu indikator check engine tersebut menyala.

Melakukan Pengecekan Pada Bagian Aki

Selain itu, kamu pun bisa melakukan pemeriksaan terhadap kondisi aki pada mobil kamu. Adapun untuk memeriksanya, kamu bisa mencabut terlebih dahulu kabel konektor negatif pada aki mobil kamu tersebut. Kemudian, tunggu hingga tiga detik.

Setelah itu, pasang kembali kabel konektor negatif pada kubunya. Lakukan pengecekan kembali terhadap lampu indikator mobil kamu tersebut. Jika masih menyala, kemungkinan ada kerusakan pada bagian sensor mobil.

Busi dan Kabel

Pada dasarnya, bila busi mengalami masalah maka akan membuat konsumsi bahan bakar pada mobil menjadi lebih boros. Hal tersebut disebabkan karena proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang mesin menjadi kurang optimal. Selain itu, kabel busi yang sudah mulai getas atau tidak terpasang dengan sempurna pun dapat mempengaruhi kinerja busi.

Adapun bila lampu indikator ini menyala, maka kamu bisa melakukan pengecekan terhadap kondisi busi dan juga kabelnya. Bila sudah kotor, maka kamu bisa membersihkannya dengan segara atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan