Jenis-Jenis Busi Mobil dan Fungsinya

busi

Busi termasuk salah satu komponen vital mobil yang berada pada sistem pengapian. Komponen kecil ini sangat penting karena memiliki peran sebagai spark antara elektroda busi mobil di dalam ruang bakar. Busi bekerja untuk membantu mengoptimalkan campuran udara dengan bahan bakar di ruang pembakaran.

Sebenarnya, busi dibagi lagi menjadi dua macam jenis berdasarkan bentuknya, yaitu busi berelektroda dan high performance. Keduanya memiliki karakterisitik dan kode yang berbeda-beda dan biasa dianalogikan dengan busi panas dan dingin.

Maka, sebaiknya kamu tidak salah pilih memilih komponen vital ini. Sebab, mengganti busi umumnya akan dilakukan setelah menempuh perjalanan dengan jarak sejauh 20.000 hingga 60.000 km.

Apa Saja Jenis-Jenis Busi Mobil?

jenis busi

Busi ada banyak macam jenisnya. Setiap jenis tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebab, busi harus disesuaikan dengan karakter dan tingkat kompresi kapasitas mesin. Berikut di bawah ini jenis busi yang harus kamu ketahui.

Busi Standar (Copper)

Busi standar banyak digunakan pada mobil-mobil yang biasa digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Busi jenis ini cenderung lebih awet digunakan karena memiliki umur pemakaian yang lebih lama dan mampu membuat mesin menjadi lebih stabil. Tetapi, busi standar dianjurkan untuk dipakai pada putaran mesin rendah hingga menengah saja.

Busi Platinum

Busi platinum disebut juga sebagai besi racing karena didesain lebih lancip daripada busi standar. Busi platinum sangat responsive digunakan pada rpm bawah. Akan tetapi umur pemakaiannya sedikit lebih pendek dari busi standar. Biasanya busi platinum bisa berumur 3-4 tahun untuk penggunaan kendaraan sehari-hari.

Busi Iridium

Busi iridium diperuntukan untuk mobil yang sering menggunakan rpm tinggi. Busi jenis ini termasuk racing dan busi tipe dingin. Sebab, mampu menghasilkan akselerasi mesin yang sangat agresif dan tarikan kendaraan menjadi terasa panjang.

Busi ini cocok digunakan untuk kegiatan sport yang berpacu pada kecepatan. Walaupun demikian bukan berarti tidak bisa digunakan untuk harian. Kamu bisa menggunakan busi iridium untuk harian akan tetapi stasioner mesin menjadi tidak stabil dan umur busi menjadi sangat pendek.

Jenis Busi Apa yang Paling Bagus?

Busi standar, platinum, dan iridium sama-sama bagus jika digunakan sesuai dengan kebutuhan dan karakter mesin. Busi standar yang terbuat dari tembaga biasanya disebut dengan busi biasa yang saat ini banyak digunakan kendaraan.

Sedangkan busi platinum dan iridium biasa disebut busi long life karena memiliki umur lebih panjang dari busi biasa, bahkan bisa berumur dua kali lipatnya. Sebab, busi long life memiliki usia pemakaian hingga 50.000-100.000 km. Memilih busi yang tepat juga diklaim mampu membuat irit bahan bakar.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan