Mau Mudik Lebaran? Pahami Syarat Mudik Naik Mobil Pribadi

Syarat Mudik Naik Mobil Pribadi

Presiden Jokowi melalui akun media sosialnya memberitahukan bahwa warga RI boleh melakukan mudik ke kampung halamannya pada tahun ini. Meski memperbolehkan pulang kampung, bukan berarti mudik tahun ini dapat dilakukan tanpa syarat. Lalu apa saja syarat mudik lebaran?

Pada hari Rabu, 23/3/2022 melalui Channel Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo mengizinkan warganya untuk mudik dengan syarat dua kali vaksin dan satu kali vaksin booster serta menerapkan protokol kesehatan ketat.

Lalu apa saja syarat mudik naik mobil pribadi?

Dalam situs resmi Kementerian Perhubungan menyatakan akan segera menerbitkan Surat Edaran (SE) mengenai pelaksanaan teknis di lapangan baik untuk perjalanan luar negeri maupun dalam negeri dan selalu merunjuk pada SE Satgas Covid-19.

Apabila kamu ingin pulang kampung dengan menggunakan mobil pribadi. Kamu juga harus mengecek seluruh kondisi mobilmu. Berikut ini bagian penting yang harus kamu cek sebelum mudik lebaran! Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya sobat HSR!

Baca Juga: Jadi Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

Bagian Terpenting Yang Harus Dicek Sebelum Mudik

1. Mesin Mobil

Mengecek keadaan mesin mobil merupakan hal yang harus kamu lakukan sebelum berpergian jauh. Kamu bisa membawa kendaraanmu ke bengkel terdekat di kotamu. Mintalah ke mekaniknya untuk mengecek keadaan karburator, penyetelan klep, busi, serta mengganti oli.

Jika kamu ingin meningkatkan performa mobilmu, mintalah ke mekanik bengkel untuk mengganti spuyer, setel klep, main jet. Selain itu, jangan lupa cek kondisi saluran bahan bakar ke ruang bakar khususnya ring piston. Apabila ring piston sudah aus, segeralah minta mekanik bengkel untuk menggantinya.

2. Ban Mobil

Cek kondisi ban mobil. Apakah ban mobil sudah aus atau ada yang retak bagian permukaanya? Karena performa ban mobil akan mempengaruhi kecepatan dalam berkendara. Apabila ban mobil rusak atau aus maka bisa membahayakan keselamatanmu khususnya ketika melewati jalanan yang berlumpur. Selain itu, cek juga tekanan ban mobilmu. Normalnya sekitar  30-34 psi. Apabila dibawah batas normal segeralah isi tekanannya.

3. Rem Mobil

Selain memeriksa kondisi mesin dan ban mobil. Kamu juga harus memeriksa kondisi rem mobil, seperti kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem.

Piringan cakram yang sudah mulai aus akan menimbulkan getaran di pedal rem. Membuat pengemudi tidak nyaman menggunakannya. Selain itu, kampas rem sudah mulai menipis, sebaiknya segera ganti yang baru. Namun, jika kondisinya masih tebal lebih baik bersihkan saja. Jika kamu menemui masalah di atas, segera bawa mobilmu ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya di kotamu.

Baca Juga: Ini Dia Cara Membersihkan Kerak Piston

4. STNK dan Dokumen Lainnya

Selain memeriksa kondisi mobil, kamu juga harus menyiapkan surat-surat berkendara. Hal ini penting untuk dipersiapkan jauh sebelum hari H mudik. Tujuaanya agar dokumen-dokumen terbaik itu tidak lupa di bawa saat mudik.

Nah itu dia syarat mudik naik mobil pribadi yang perlu kamu.

Baca Juga: Lampu Mobil Redup Saat Mau Mudik? Ini Dia Tips Mudik Aman

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan