Jadi Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

Mesin mobil Bergetar Saat Diam

Mesin mobil akan bergetar ketika mobil dihidupkan merupakan hal yang lumrah. Sebab ketika mesin dijalankan akan menghasilkan getaran dan bunyi-bunyi tertentu. Lalu bagaimana jika mesin mobil bergetar saat diam? Apakah ini dianggap normal? Apa saja penyebab mesin mobil bergetar saat mobil belum dioperasikan?

Mesin mobil bergetar saat mobil belum dioperasikan merupakan hal yang tidak wajar. Biasanya disebabkan karena adanya kerusakan pada salah satu komponen mobil. Berikut ini penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Simak ulasan di bawah ini sampai akhir ya!

Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab Mesin Mobil Bergerak Saat Diam

1. Velg Mobil

Mesin Mobil

Salah satu penyebab mesin mobil bergetar saat belum dioperasikan karena velg mobil sudah terlalu tua atau bengkok. Daya ketahanan velg mobil akan semakin menurun apabila usianya sudah tua atau peyang.

Jangan lupa untuk merawat velg mobil secara teratur agar kondisi mobilmu tetap tampil prima. Kamu bisa membeli velg mobil ke toko cabang HSR Wheel karena kualitas produk HSR sudah berstandar Internasional dan nomor 1 di Indonesia.

2. Ban Mobil Sudah Aus

Mesin Mobil

Apabila ban mobilmu sudah mulai aus, sebaiknya ganti dengan ban baru. Karena membuat mesin mobil bergetar saat diam dan mampu menurunkan performa mobil. Jangan lupa lakukan spooring dan balancing secara rutin agar umur ban mobil tahan lama.

3. Karet Penahan Kap Mesin Rusak

Mesin Mobil

Fungsi dari kap mesin adalah untuk melindungi mesin mobil dari gangguan luar mobil. Apabila karet penahan kap mesin aus maka mesin mobil akan bergetar karena fungsi dari karet penahan untuk meredamkan getaran mesin.

Penyebab karet penahan kap mesin aus karena mesin mobil terlalu panas sehingga karet penahannya akan semakin tipis. Apabila karet penahannya sudah gepeng maka segeralah ganti karetnya.

Baca Juga: 10 Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar

4. Piston Sudah Mulai Aus

Piston Rusak

Piston yang sudah mulai aus membuat tenaga mesin semakin menurun. Akibatnya mesin mobil bergetar secara tidak wajar. Keausan ini disebabkan karena pengemudi sering melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi. Segeralah cek kondisi mobilmu ke bengkel andalanmu apabila kamu menemui masalah ini. Jika bengkel mobil menyarankan untuk mengganti piston maka gantilah yang sesuai dengan jenis mobilmu.

Baca Juga: Ini Dia Cara Membersihkan Kerak Piston

5. Kesalahan Memasang Setelan Mesin

Biasanya setelan mesin yang belum pas terpasang akan membuat mesin mobil bergetar. Hal ini terjadi karena mesin tidak menempel pada engine mounting secara pas. Akibatnya getaran yang diterimanya semakin bertambah. Solusinya adalah dengan membawanya ke bengkel yang professional untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan.

6. Rusaknya Sistem Kopling & Shockbreaker

 

Kerusakan pada sistem kopling juga bisa menimbulkan getaran pada mesin mobil. Getaran tersebut berasal dari clutch cover atau flywheel yang tidak rata. Selain itu, kampas kopling yang semakin menipis menyebabkan pedal kopling terasa loss dan aliran getaran lebih mudah mengalir sampai ke kabin.

Tidak hanya itu saja, shockbreaker yang rusak juga bisa membuat mesin mobil bergetar saat idle (diam). Karena ketika shockbreaker rusak, mobil akan menjadi tidak seimbang. Akibatnya mesin akan mengeluarkan getaran yang tidak wajar. Jika kamu menemui masalah seperti itu, segeralah bawa kendaraanmu ke bengkel yang terpercaya di kotamu.

Nah itu dia, penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Selalu lakukan perawatan secara rutin, agar kondisi mobilmu tetap tampil prima.

Baca Juga: Berikut Ini Komponen Kopling Mobil Dan Fungsinya

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan