5 Tips Berkendara Saat Banjir Untuk Mobil Matik

Tips Berkendara Saat Banjir

Tips Berkendara Saat Banjir – Beberapa waktu ini curah hujan memang cukup tinggi yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Genangan air dan juga banjir pun melanda beberapa daerah tersebut. Genangan air tersebut tentu saja membuat para pengendara mobil nekat untuk melewatinya, karena memang perlu melewati jalanan tersebut untuk ke satu tempat yang dituju.

Tips Berkendara Saat Banjir

Namun, dengan kondisi ini kamu perlu memerhatikan cara berkendara kamu ketika melewati banjir. Terutama jika mobil yang kamu miliki adalah mobil dengan transmisi matik atau otomatis. Untuk mengetahui cara aman berkendara saat banjir dengan mobil matik, berikut simak langkahnya di bawah ini :

1. Saluran Udara Dilarang Terendam Air

Apabila saluran masuk udara mobil kamu (air inlet) ini sampai terendam air banjir, maka mobil kamu akan terkena water hammer atau kondisi di mana air dapat masuk pada ruang pembakaran. Jika ini terjadi tentunya akan mengakibatkan mesin mobil menjadi rusak. Pastikan dahulu ketinggian banjir yang akan kamu lewati tidak lebih dari setengah roda. Dan apabila banjir lebih tinggi, maka jangan paksakan untuk melewatinya.

2. Gunakan Gigi Paling Rendah

Gunakan lah gigi 1 atau L ketika melewati genangan banjir. Hal ini dimaksudkan agar kecepatan mobil kamu tetap stabil dan putaran mesin juga akan lebih bertahan. Selain itu, gas buang bisa dikeluarkan melalui knalpot sehingga air dapat tertahan dan tidak bisa masuk ke ruang mesin melewati jalur pembuangan.

3. Maju Secara Perlahan dan Stabil

Dengan berkendara secara pelan dan juga stabil atau kontan, maka akan membantu kamu menghindari sesuatu yang berpotensi membahayakan. Sebut saja seperti adanya lubang besar yang tentu akan membahayakan mobil itu sendiri.

4. Matikan Mesin Ketika Mobil Mogok

Ketika genangan air cukup tinggi dan melewati setengah roda mobil, maka kemungkinan besar mobil akan menjadi mogok ketika melewatinya. Dan ketika mobil sudah mogok, jangan pernah sekali untuk mencoba menghidupkan mesin kembali. Karena memang hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan yang parah di bagian mesin mobil.

5 Keringkan Rem

Untuk bisa mengeringkan rem mobil dengan mudah, kamu cukup berkendara dengan kecepatan yang sangat lambat yaitu 5 km/jam. Sembari jalan, kamu bisa menekan rem mobil berkali kali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil dalam kondisi yang baik dan kampas rem dalam keadaan kering. Jika dirasa ada yang tidak beres dengan kendaraan kamu, maka ada baiknya bawalah mobil untuk diperiksa di bengkel resmi terdekat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan