Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

Seperti yang diketahui, banyak dari pemilik mobil yang masih merokok ketika sedang berkendara. Padahal, bau yang dihasilkan dari merokok adalah sesuatu yang sangat mengganggu kenyamanan seluruh penumpang di dalam mobil. Bau rokok sendiri bisa menempel di dalam kabin dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan asap rokok menempel di seluruh interior mobil mulai dari plafon, dashboard, jok, dan komponen lainnya. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau rokok di mobil?

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

Sebenarnya, menghilangkan bau rokok di dalam mobil itu bisa dibilang susah-susah gampang. Cara paling sederhana untuk menghilangkan bau rokok adalah dengan tidak merokok di dalam mobil. Namun, apabila memang harus merokok, simak cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil ini seperti yang dikutip melalui laman resmi Suzuki Indonesia.

1. Bubuk Kopi

Kopi ini sangat mudah ditemukan, bahkan mungkin ada di dalam dapur kamu. Bubuk kopi sendiri bisa dimanfaatkan selain untuk menciptakan minuman enak, namun juga mampu menyerap bau rokok. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyebar bubuk kopi tersebut ke karpet atau jok mobil. Agar tidak mengotori mobil, silakan siapkan alas plastic dan taburi kopi serta diamkan selama kurang lebih 12 jam atau semalaman.

Letakkan bubuk kopi ini secara menyeluruh di dalam mobil agar bau yang masih menempel bisa terserap dengan sempurna. Kamu bisa menggunakan bubuk kopi ini sesering mungkin, terlebih apabila bau rokok yang ada terasa sangat menyengat dan mengganggu.

2. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan bau rokok di mobil kedua adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Namun sebelumnya pastikan dahulu bahwa kulit jeruk masih dalam kondisi segar, karena kondisi ini memiliki kandungan asam yang dapat menyerap aroma rokok di dalam kabin mobil.

Kamu hanya perlu meletakkan kulit jeruk yang masih segar di beberapa titik kabin seperti jok mobil, dashboard, dan juga di bawah jok mobil. Letakkan dan biarkan kulit jeruk selama beberapa hari hingga kering dan kemudian ganti dengan kulit jeruk baru yang masih segar.

3. Arang

Arang juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau rokok di dalam mobil. Bahan ini memang sudah biasa digunakan untuk menghilangkan kelembaban di dalam ruangan sejak zaman dahulu. Arang sendiri akan menyerap bau di dalam ruangan secara perlahan. Dengan memiliki bentuk yang padat, maka arang tidak akan mengotori kabin mobil. Kamu hanya perlu meletakkan arang di beberapa titik kabin mobil dan biarkan hingga bau rokok sudah menghilang.

4. Cuka

Apabila kamu ingin menggunakan cara cepat, maka kamu bisa memanfaatkan cuka dapur. Bahan ini terbukti ampuh untuk menyerap aropa rokok dalam waktu beberapa jam saja. Cukup berikan cuka ke beberapa bagian kabin mobil dan jangan lupa untuk menempatkannya ke dalam wadah terbuka. Biarkan selama dua hingga 4 jam dan tutup mobil agar baunya dapat terserap. Setelah itu, udara di dalam kabin pasti akan terasa lebih netral dan segar.

5. Bubuk Kayu Manis

Kayu manis biasa digunakan untuk bahan masakan karena memiliki aroma rempah yang manis, selain itu, kayu manis juga ternyata bisa mengusir bau yang tidak sedap. Cara penggunaannya harus dicampur dengan cuka apel agar dapat mengusir bau rokok di dalam mobil. Campurkan bubuk kayu manis gelas dengan setengah gelas cuka apel. Lalu aduk hingga merata dan masukkan ke dalam wadah. Letakkan wadah tersebut ke beberapa titik di dalam kabin, lalu biarkan selama beberapa jam. Aroma rokok yang tadinya menyengat akan hilang dan menjadi segar kembali.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan