5 Tips Ini Dapat Mencegah Kebakaran Mobil

mobil terbakar

Kebakaran mobil bisa terjadi dimana saja dan menimpa siapa saja. Salah satunya kejadian yang pernah menimpa Lamborghini Avendator yang dimiliki Raffi Ahmad karena terbakar tiba-tiba atau baru-baru ini terjadi pada mobil Alphard milik Via Vallen yang terbakar diduga akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Tips-Tips Mencegah Kebakaran Mobil

mencegah kebakaran mobil

Memang ada berbagai macam penyebab kebakaran mobil, umumnya tidak disengaja atau disadari oleh pemilik mobilnya. Banyak pemicu yang menyebabkan mobil mengalami kebakaran. Untuk menghindarinya, lakukan  tips-tips di bawah ini.

Jangan Sembarangan Modifikasi Mobil

Bagi pemilik mobil yang ingin tampil beda dan keren tentu saja akan melakukan modifikasi. Modifikasi mobil memang sah-sah saja dilakukan, akan tetapi jika dilakukan secara asal ternyata dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran mobil.

Hal ini dapat terjadi akibat kurangnya perhitungan saat memodifikasi mobil, apalagi jika hendak mengubah mesin atau sistem kelistrikan. Jika ada satu kabel yang kelebihan beban saja, maka akan panas kemudian meleleh. Setelah itu dampaknya akan menyebar kemana-mana. Lalu, mobil akan mengalami kerusakan sepeti konsleting listrik hingga kebakaran.

Parkir di Tempat yang Aman

Saat akan hendak parkir, sebaiknya cari tempat yang tidak berpotensi memicu munculnya api, misalnya seperti bak sampah yang baru selesai dibakar atau parkir di bawah terik matahari yang panas. Hal ini akan menyebabkan suhu panas dalam mobil mengalami peningkatan.

Parkir di tempat yang aman juga dapat menghindari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab jika berniat jahat pada mobil yang sedang kamu parkir. Lebih bagus lagi jika kamu parkir di tempat yang diawasi CCTV.

Hindari Menyimpan Barang Rentan Terbakar

Sebaiknya kamu tidak meletakan barang-barang yang rentan terbakar di dalam mobil seperti parfum cair, korek api gas, bensin, dan barang-barang yang mengandung bahan aktif pemicu timbulnya api jika diletakan di ruang tertutup dengan suhu tinggi.

Selain itu, setelah membuka ruang mesin, pastikan tidak ada barang seperti kain bekas membersihkan spare part secara sembarangan. Hal ini juga dapat memicu timbulnya kebakaran pada mobil.

Mengecek Kondisi Oli Mesin

Mengecek kondisi oli mesin agar tidak menetes sangat penting kamu lakukan. Sebab jika tidak, oli mesin yang menetes pada bidang panas seperti knalpot dapat memicu kebakaran.

Selain itu,  jika kamu tidak rutin mengecek oli mesin dapat mengubah senyawa kimia didalamnya. Imbasnya mesin akan menjadi cepat panas dan komponen didalamnya menjadi aus. Hal ini lah yang menyebabkan mobil dapat terbakar.

Mengecek Air Radiator

Air radiator bisa menjadi pemicu kebakaran akibat terjadinya kebocoran, penyumbatan, atau cairan yang habis. Sebab, jika terdapat masalah pada radiator maka akan menyebabkan suhu mesin tidak ideal atau tidak mencapai sekitar 2.500 derajat celcius.

Saat suhu mesin melebihi suhu keja maksimalnya, cairan radiator akan menghambat psoses sirkulasi mesin dan menyebabkan overheat pemicu kebakaran mobil. Otomatis jarum temperatur di dasbor mobil akan berubah posisi menjadi ‘H’ atau hot. Ketika hal ini terjadi, performa mesin akan menurun dan mobil harus dihentikan,

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan