Highway Hypnosis, Situasi Bahaya Berkendara di Jalan Tol

Highway Hypnosis

Menyetir dalam jangka waktu yang lama di jalan tol tentu saja akan menimbulkan kelelahan. Kelelahan akibat mengemudi di jalan tol ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kebosanan. Gejala kelelahan yang diakibatkan dari kebosanan menyetir di jalan tol disebut sebagai highway hypnosis. Highway hypnosis sendiri akan terjadi ketika pengemudi merasa bosan saat berkendara di jalan tol yang suasananya selalu sama alias monoton.

Jalan tol atau jalan bebas hambatan ini sangat memicu seseorang untuk mengalami fatigue (keletihan) yang bersumber dari kebosanan. Karena kecepatan yang konstan atau tetap ini maka akan membuat perjalanan terasa monoton. Lalu dari faktor scenery atau pemandangan, tentu saja view sepanjang jalan tol dari sisi kiri-kanan sangat membosankan. Dan akhirnya orang-orang akan terbuai dan bisa saja masuk ke dalam kondisi hidhway hypnosis.

Mengenal Highway Hypnosis

Dilansir melalui berbagai sumber, highway hypnosis adalah kondisi dimana seseorang terbuai karena situasi yang sama atau mononton dalam waktu yang cukup lama. Highway hypnosis juga termasuk ke dalam golongan fatigue atau keletihan.

Kondisi yang bosan ini terjadi karena adanya situasi monoton yang bisa diakibatkan oleh gerak kendaraan yang tetap, scenery, atau pemandangan kiri dan kanan yang membosankan. Lingkungan di dalam mobil hingga masalah dari dalam mobil pun bisa menyebabkan situasi Highway Hypnosis ini. Tak peduli kamu sedang dalam kondisi sehat, bugar, tidur cukup, Highway hypnosis bisa saja datang.

Dan perlu kamu ketahui, situasi seperti sangat lah bahaya bahkan bisa menimbulkan risiko kecelakaan cukup parah. Kita ambil contoh berkendara dengan kecepatan 80 km/jam saja, dalam 1 detik ke depan maka sudah menempuh jarak kurang lebih 22 meter. Nah ketika terkena kondisi ini dalam waktu setengah detik saja, maka bisa berpotensi keluar badan jalan hingga ke bahu jalan. Ketika bahu jalan terdapat barrier yang kokoh, maka terjadilah kecelakaan yang tentu saja cukup parah.

Lalu, apakah ada tips untuk terhindar dari kondisi highway hypnosis ini? Tentu saja ada, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah kondisi fisik pengemudi harus dalam keadaan fit. Tidur pun harus dijaga, jangan lupa untuk melakukan pengecekan kendaraan. Setelah itu, pada saat berkendara di jalan tol, ada baiknya biasakan melakukan yang namanya scanning atau melihat area sekitar kendaraan.

Kamu harus meng-observe (mengamati) sekeliling kendaraan dengan melihat ke arah depan, melihat ke kiri, melihat ke kanan, dan juga melihat ke belakang menggunakan spion. Lakukan hal ini dengan terpola 5-8 detik saja.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan