Accelera Eco Plush, Apakah Ban Ramah Lingkungan?

Accelera Eco Plus

Ban Accelera Eco Plush tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit dan menekan kadar CO2.

Kalau berbicara soal pengehematan konsumsi bahan bakar pada mobil, apa yang ada dalam benak Anda? Melakukan servis rutin agar kondisi mesin selalu terjaga? Atau melakukan eco driving setiap kali Anda berkendara? Ya, semua itu memang bisa Anda lakukan. Tapi tahukah Anda kalau dari ban pun sekarang bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil jadi lebih hemat?

Accelera Eco Plush Ban Ramah Lingkungan

Accelera Eco Plush
Accelera Eco Plush

 

Ya, beberapa pabrikan ban terkemuka di Indonesia sudah membuat ban dengan sebutan ‘Eco Tyre’. Contohnya Accelera dengan Eco Plush. Masing-masing pabrikan mempunyai inti yang sama, yaitu menciptaka rolling resistance ban yang rendah agar kemampuan bergulirnya lebih jauh dari ban pada umumnya.

Masih bingung dimana hubungannya dengan konsumsi bahan bakar?

Dengan rolling resistance ban yang rendah membuat kinerja mesin jadi lebih ringan, otomatis membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih minim dan bisa mereduksi kadar CO2. Karena kemampuan bergulirnya lebih jauh.

Meski rolling resistancenya rendah, bukan berarti kemampuan ban Eco Tyre di sisi lain ini berkurang.

Bukan hanya harus memiliki rolling resistance yang rendah, tapi juga harus memiliki wet grip yang baik dan road noisenya rendah,” ujar Surya Dharma selaku Marketing Manager PT. Elang Perdana Tyres Indonesia yang membawahi merek ban Accelera, Forceum, dan Zeetex.

Membandingkan ban eco tyre dengan ban konvensional ada caranya yang mudah. Pengukuran rolling resistance ini dengan cara pada jalan menurun dan mesin mati mobil dilepas agar jalan sendiri dan dilihat yang mana yang lebih jauh berhenti bergulir.

Nah, soal bahan baku pembuatan ban ini Surya juga menambahkan

Di EP Tyres Indonesia kita membuat ban dari bahan yang ramah lingkungan, sehingga ‘gram’ hasil gesekan ban dengan aspal pun tidak akan membahayakan lingkungan dan kesehatan,” tuturnya sembari menyebut salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh bahan yang tidak ramah lingkungan adalah kanker.

Surya pun tak ragu mengklaim kalau semua lini produk bannya adalah Eco Tyre karena menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan. “Salah satu andalan kami untuk Eco Tyre adalah Accelera Eco Plush, namun pada dasarnya semua ban kami memiliki rolling resistance yang cukup rendah,” tutur pria berkacamata ini.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *