Alasan Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan

Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan

Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan – Ketika pemilik mobil sedang memanaskan mobil kesayangannya pasti akan mengeluarkan asap. Hal ini terjadi karena hasil dari proses pembakaran di dalam mesin. Namun, akan berbeda hasilnya ketika mobil diesel mengeluarkan asap warna putih.

Apabila hal ini terjadi pada mobil diesel, maka ada yang tidak beres pada komponen mesin mobil diesel tersebut. Nah, cara mengatasi mobil keluar asap putih ini bisa dimulai dengan melakukan pemeriksaan turbocharger hingga tekanan kompresi yang ada di mesin.

Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan?

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, ada beberapa penyebab mobil diesel keluar asap putih pada saat dipanaskan. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya, silakan simak di bawah ini :

1. Kondensasi Udara Dingin

Alasan pertama mobil diesel keluar asap putih pada saat dipanaskan adalah karena udara dingin. Apabila kamu tinggal di daerah yang memiliki suhu dingin, maka mobil diesel akan mengeluarkan asap putih pada saat dipanaskan. Asap putih ini adalah hasil dari udara dingin yang ada di sekitar mobil.

Asap putih yang dihasilkan dari proses kondensasi ini cenderung tipis dan juga cepat menghilang. Biasanya, asap ini akan menghilang tidak lebih dari lima menit. Apabila mobil kamu mengalami kondisi ini, maka tidak perlu khawatir. Karena asap putih ini tidak lebih hanya sekadar reaksi mesin mobil terhadap perubahan suhu dari dingin menjadi panas.

2. Silinder Terjadi Kerusakan

Keluarnya asap putih dari knalpot mobil diesel juga bisa disebabkan oleh komponen silinder yang mengalami kerusakan. Kerusakan ini tentu saja akan memengaruhi proses pembakaran bahan bakar. Hasilnya, posisi ring piston juga akan bergeser dan oli bisa mengalami kebocoran hingga ruang bakar. Hal inilah yang menyebabkan keluarnya asap putih tebal pada saat mobil dipanaskan.

3. Mobil Sudah Lama Tidak Dipanaskan

Penyebab selanjutnya bisa datang dari akibat mobil sudah lama tidak digunakan alias dipanaskan. Mobil yang sudah lama tidak dipanaskan dan tiba-tiba kembali dihidupkan akan membuat mesin mengalami “kejutan”. Pada saat dihidupkan, mesin mobil yang sudah lama tertidur akan dipaksa untuk berputar. Perubahan yang secara mendadak ini tentu akan menyebabkan mobil diesel mengeluarkan asap putih.

Ketika itu terjadi maka tandanya di dalam knalpot mobil masih terdapat uap air dan juga kompresi mesin mobil masih dalam kondisi baik. Hal ini tentu saja wajar dan juga normal, terlebih apabila asap yang keluar cenderung tipis dan cepat hilang.

4. Umur Mobil

Umur kendaraan juga dapat memengaruhi mobil diesel untuk mengeluarkan asap putih saat dipanaskan. Apabila umur mobil sudah terlalu tua (di atas 7 tahun), maka kondisi mesin pun akan mengalami banyak penurunan.

Sistem pembakaran bahan bakarnya tentu tidak sebaik pada saat mobil baru pertama digunakan. Hasilnya, knalpot mobil pun akan mengeluarkan asap putih pada saat dipanaskan.

5. Blok Mesin Alami Keretakan

Penyebab selanjutnya yang membaut mobil diesel mengeluarkan asap putih adalah karena adanya keretakan pada blok mesin. Retaknya bagian blok mesin ini membuat air akan merembes masuk ke dalam ruang bakar mesin. Air yang masuk inilah yang membuat knalpot mobil diesel akan mengeluarkan asap putih tebal pada saat dipanaskan.

Proses pembakaran pada mobil hanya melibatkan bahan bakar saja. Apabila ada zat lain yang seperti air yang ikut terbakar tentu bisa dipastikan hasil dari permbakaran tersebut akan berbeda.

6. Oli Ikut Terbakar

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumhya, proses pembakaran yang terjadi di mobil diesel ini hanya melibatkan bahan bakar saja dan bukan zat lainnya. Apabila terdapat zat lain ikut tercampur dalam proses pembakaran, maka bisa dipastikan masalah akan timbul.

Salah zat lain yang bisa ikut terbakar adalah oli. Oli yang ikut terbakar bersamaan dengan bahan bakar ini akan menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih tebal. Lalu, bagaimana oli bisa masuk ke dalam ruang bakar?

Dalam kondisi normal, tentu saja oli tidak akan bisa masuk ke dalam ruang bakar mesin. Oli akan terhenti di ring piston sebelum bisa mencapai ruang bakar. Apabila oli bisa mencapai ruang bakar, maka artinya ring piston mengalami kerusakan. Bisa jadi karena aus sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar.

Apabila ring piston sudah aus, maka ada baiknya lakukan perbaikan segera untuk menormalkan kembali kinerja di dalam mesin mobil.

7. Pompa Bahan Bakar Aus

Penyebab mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan yang terakhir adalah pompa bahan bakar yang sudah mulai aus. Biasanya, masalah ini disebabkan karena mobil menggunakan pompa bahan bakar model manual. Pada saat membrane pompa rusak, oli akan masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar bersama dengan bakar. Imbasnya tentu knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih sebagai hasil pembakarannya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan