Fungsi Spooring dan Balancing yang Wajib Diketahui

Fungsi Spooring dan Balancing

Fungsi Spooring dan Balancing – Ban adalah komponen yang sangat penting pada sebuah mobil, maka dari itu kondisinya sangatlah perlu dijaga untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Komponen ini sangat perlu diperhatikan karena hanya ban satu-satunya komponen yang secara langsung bersentuhan dengan aspal jalanan. Salah satu perawatan penting untuk ban adalah spooring dan balancing. Apakah jenis perawatan mobil ini?

Kaki-kaki mobil merupakan bagian penting yang terpasang pada sebuah mobil, selain berfungsi untuk kenyamanan pada saat berkendara. Kaki-kaki juga berfungsi untuk menstabilkan pengendalian kendaraan pada saat di jalan. Kaki-kaki sendiri terbagi menjadi beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain. Dari beberapa komponen ini, ban atau roda merupakan komponen yang paling terlihat.

Fungsi Spooring dan Balancing

Dikutip melalui laman resmi Suzuki, perawatan ban mobil biasanya dilakukan dengan cara balancing dan spooring, lalu ada pemeriksaan tekanan angin, hingga pemeriksaan permukaan dan usia ban. Yang pertama yang harus kamu perhatikan sebagai pemilik mobil adalah memperhatikan tekanan angin ban.

Apabila ban mengalami kekurangan angin, maka hal tersebut bisa memicu permukaan ban menjadi rusak dan juga ban akan saling bergesekan dengan jalan. Hal ini tentu akan membuat beban mesin menjadi lebih berat dan konsumsi bahan bakar pun akan semakin besar.

Sebaliknya, ketika ban memiliki muatan angin yang berlebih maka ban akan menjadi keras. Kondisi ini akan mengurangi fungsi peredaman dan juga akan memengaruhi fungsi pengereman karena akan terasa licin. Melakukan pengecekan tekanan angin ban adalah salah satu hal yang bisa membuat umur ban menjadi panjang, selain itu bahan bakar juga bisa lebih awet dan tentunya mengurangi risiko kecelakaan terjadi.

Selanjutnya adalah pastikan pengemudi mobil melakukan pengecekan permukaan ban. Apabila ban sudah mengalami kebotakan, maka segeralah untuk menggantinya dengan yang baru. Melakukan pengecekan usia ban juga sangat penting dan disarankan untuk tidak menggunakan ban yang sudah kedaluarsa.

Terakhir, pemeriksaan lain yang juga sangat penting adalah sporing dan juga balancing. Apa itu spooring balancing? Spooring merupakan usaha yang dilakukan untuk meluruskan kembali dudukan empat roda mobil seperti sedia kala pada saat mobil keluar dari pabrikan. Sementara balancing adalah proses yang dilakukan untuk menyesuaikan atau menjaga keseimbangan pada titik atas bawa atau kiri kanan roda.

Baik itu spooring atau balancing, keduanya memiliki fungsi yang sangat krusial untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pada saat berkendara. Terutama untuk mobil-mobil komersial yang sehari-hari selalu membawa beban berat.

Toko Spooring Balancing Terdekat

Toko Spooring Balancing HSR Wheel
Toko Spooring Balancing HSR Wheel

Untuk kamu yang ingin melakukan spooring dan balancing roda mobil kesayangan, maka jangan asal pilih toko spooring balancing. Apabila tidak ditangani secara profesional oleh ahlinya, maka proses ini tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Maka dari itu, percayakan roda-roda mobil kamu untuk dilakukan perawatan di toko spooring balancing milik HSR Wheel. Perlu diketahui, HSR Wheel adalah brand velg mobil Indonesia yang memiliki 75 dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia

Mayoritas dealer HSR Wheel tersebut sudah terpasang spooring 3d dan juga balancing yang ditangani oleh mekanik handal berpengalaman. Dengan harga spooring balancing yang cuma Rp 100 ribuan, kamu akan mendapatkan pengalaman dengan kualitas spooring dan balancing terbaik.

Silakan datang langsung ke dealer-dealer HSR Wheel yang sudah terpasang alat spooring dan balancing. Untuk mengetahui alamat lengkapnya, silakan kunjungi laman resmi Toko Spooring Balancing HSR Wheel.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan