Kategori: Tips Otomotif

Smart Keyless Entry Mobil Bermasalah? Ini Penyebabnya

Saat ini hampir semua mobil telah dilengkapi dengan smart key atau smart keyless entry. Fitur smart key ini merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk membuka pintu atau menyalakan mesin tanpa menggunakan anak kunci. Selain itu, dengan adanya fitur ini juga bisa membuat kendaraan lebih aman. Meskipun memudahkan bukan berarti smart keyles ini tidak bisa bermasalah atau rusak. Maka dari itu, kamu perlu melakukan pengecekan secara rutin baik sistem kelistrikan mobilnya ataupun remote smart key -nya.

Penyebab Masalah pada Smart Keyless Entry

Memang menjengkelkan ketika ingin masuk ke dalam mobil ataupun menyalakan mobil, tetapi remote smart keyless entry mobil kamu bermasalah. Untuk itu kamu perlu ketahui apa saja penyebab remote smart keyless bisa bermasalah. Inilah beberapa penyebabnya.

Gangguan Gelombang

Fitur smart key bekerja melalui gelombang radio. Umumnya yang terjadi remote smart key akan bermasalah ketika terganggu beberapa hal, seperti ketika kamu parkir di dekat pemancar radio. Smart key akan bermasalah juga ketika kamu parkir di daerah yang terdapat Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler.

Baterai Remot Sudah Lemah

Masalah yang sering terjadi pada mobil yang memiliki fitur smart key adalah baterai remote yang sudah lemah. Banyak pengendara yang tidak memperhatikan hal tersebut sehingga ia kesulitan dalam membuka ataupun menyalakan mesin mobilnya. Cara mengatasinya, kamu hanya perlu mengganti baterainya saja.

Masalah pada rolling code

Perlu kamu ketahui, rolling code adalah bagian dari smart key yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang ke tuner mobil. Rolling code ini juga sering disebut dengan hopping code dan biasanya memiliki masa aktif sekitar 5 tahun. Jika sudah melewati 5 tahun, rolling code ini bisa menjadi salah satu penyebab smart key bermasalah.

Smart Key Terendam air

Untuk yang satu ini biasa terjadi karena remote smart key selalu berada di saku celana dan kamu lupa mengambilnya saat ingin mencucinya. Hal tersebut yang membuat smart key menjadi bermasalah. Jadi jangan sampai kamu lupa untuk mengambilnya jika kamu sering menaruhnya di saku celana.

Cara Untuk Membuka Pintu Mobil Saat Smart Keyless Entry Bermasalah

Jika remote smart key kamu bermasalah, tidak perlu khawatir kamu tidak bisa membuka pintu mobil. Sebab, biasanya remote smart key sudah dilengkapi dengan kunci darurat, sehingga kamu bisa membuka pintu mobil secara manual. Cara ini bisa kamu lakukan saat kondisi darurat atau jauh dari rumah.

Pos Terbaru

Daihatsu Ceria 2003, Mobil Murah dengan Harga 30 Jutaan!

Daihatsu Ceria 2003 merupakan mobil mungil  dan praktis yang hadir di era tahun 2000-an. Mobil… Read More

2 hari lalu

Astina Mazda 1991, Mobil Sporty Pelopor Lampu Pop Up!

Astina Mazda merupakan salah satu mobil yang pernah berjaya dengan teknologi yang melebihi pada zamannya.… Read More

2 hari lalu

5 Tips Ini Dapat Mencegah Kebakaran Mobil

Kebakaran mobil bisa terjadi dimana saja dan menimpa siapa saja. Salah satunya kejadian yang pernah… Read More

3 hari lalu

4 Fakta Tentang Hyundai Palisade 2020

Hyundai Palisade 2020 merupakan mobil asal Korea Selatan yang diluncurkan dengan banyak keunggulan dan tidak… Read More

3 hari lalu

Begini Cara Menghitung Denda Bayar Pajak Mobil

Denda bayar pajak mobil merupakan biaya yang wajib dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan yang lewat… Read More

4 hari lalu

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya 2019 Sebelum Membelinya!

Toyota Agya merupakan mobil hasil produksi Daihatsu Internasional. Mobil ini juga termasuk ke dalam salah… Read More

5 hari lalu