Bagaimana Cara Perpanjang SIM Beda Daerah?

Cara Perpanjang SIM Beda Daerah

Melakukan perjalanan memang biasa terjadi ketika seseorang beraktivitas, dalam bekerja juga terkadang seseorang perlu pindah kota dan menetap di kota baru tersebut. Jika sudah begini, maka akan ada pertanyaan yang muncul. Salah satunya adalah bagaimana cara perpanjang SIM beda daerah?

Dengan adanya permasalahan tersebut, pihak yang berwenang pun mengeluarkan solusi terbaiknya. Lalu, bagaimana caranya? Berikut simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Cara Perpanjang SIM Beda Daerah

Salah satu permasalahan yang mungkin sering terjadi ketika kamu berpindah kota adalah tentang perpanjang SIM. Namun jangan khawatir, kamu bisa perpanjang SIM walaupun tidak di kota asal. Caranya kamu perlu datang langsung ke Satpas/Gerai/SIM Keliling terdekat agar bisa memperpanjang SIM.

Ikuti Semua Prosedur Perpanjangan SIM

Namun, kamu juga perlu memerhatikan beberapa hal dan mengikuti seluruh prosedur di dalamnya. Berikut prosedur yang perlu kamu ikuti :

  • Pertama, siapkan dahulu KTP Asli dan juga fotokopi nya sebanyak dua lembar.
  • Siapkan juga SIM Asli lama kamu beserta fotokopi yang masih aktif maksimal 1 minggu ke depan.
  • Siapkan surat kesehatan dari dokter atau kamu bisa membuatnya langsung di lokasi.
  • Bawa seluruh dokumen tersebut ke Satpas/Gerai/SIM Keliling terdekat untuk bisa memproses perpanjangan SIM.
  • Siapkan uang dan bayar biaya perpanjangan SIM. Untuk biayanya sendiri tergantung dari jenis SIM yang dimiliki. Untuk SIM A (Rp 90 ribu), SIM B (Rp 80 ribu), SIM B1 (Rp 80 ribu), SIM B2 (Rp 80 ribu), SIM C (Rp 75 ribu), dan SIM D (Rp 30 ribu).

Selanjutnya jika sudah membayar maka kamu hanya perlu menunggu proses SIM dicetak dan juga diserahkan ke kamu. Selain di Satpas, kamu juga bisa melakukan perpanjang SIM melalui layanan SIM Keliling yang hanya khusus melayani perpanjangan SIM A (Mobil) dan C (Motor) saja.

Seluruh proses perpanjangan SIM di atas perlu kamu perhatikan sebaik mungkin agar tidak ada yang ketinggalan atau terlupa. Jadi, kamu tidak perlu lagi kebingungan untuk melakukan perpanjangan SIM walaupun sedang berada di luar domisili kamu.

Dan itu cara perpanjang SIM beda daerah yang perlu kamu ketahui. Caranya sendiri ternyata cukup mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu mengikuti beberapa prosedur dan juga persyaratan yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan