Ban Mobil Benjol, Ternyata Ini Penyebabnya

Bagi kamu yang sudah lama memakai mobil untuk aktivitas sehari-hari, pasti kamu pernah mengalami ban benjol. Padahal kondisi ban yang benjol tersebut akan membuat perjalanan kamu tidak nyaman karena ban sudah tidak dalam bentuk yang sempurna. Bahkan bisa berbahaya jika tetap kamu gunakan.

Risiko terparah dari menggunakan ban mobil benjol adalah ban bisa pecah atau meletus. Memang tidak langsung pecah, tapi ban yang benjol bisa pecah ketika kamu sedang berjalan dengan kecepatan tinggi, seperti saat melewati jalan tol. Jadi, sebaiknya kamu ganti ban yang sudah benjol dengan yang baru agar kamu merasa aman saat berkendara.

Ternyata Inilah Penyebab Ban Mobil Benjol

Menggunakan ban mobil benjol memang sangat tidak nyaman, apa lagi risiko ban menjadi pecah cukup tinggi. Tapi apakah kamu sudah tahu apa yang menyebabkan ban menjadi benjol? Sebab, benjolan-benjolan tersebut tidak muncul sendirinya. Maka dari itu, mari ketahui penyebab-penyebab ban mobil benjol agar kamu bisa menghindari penyebab-penyebabnya tersebut.

Tekanan Angin yang Pas Agar Ban Tidak Benjol

Tekanan Angin Ban

Jangan pernah kamu abaikan soal tekanan angin ban mobil kamu. Sebab, tekanan angin yang kurang atau berlebih akan membuat dinding ban mobil tidak mampu menahan tekanan angin yang berbeda. Hal tersebutlah yang akan membuat ban menjadi benjol. Maka dari itu, sebaiknya kamu memakai tekanan angin sesuai rekomendasi dari pabrikan mobil saja.

Jalanan Berlubang Bikin Mobil Benjol

Jalanan Berlubang

Jika kamu sering melewati jalanan berlubang, sebaiknya kamu lebih berhati-hati. Sebab, jika kamu terus menghajar jalanan yang berlubang, ban akan terjepit antara velg dan permukaan jalanan berlubang. Hal ini akan membuat kawat yang ada pada dinding ban mobil akan rusak dan membuat ban mobil benjol.

Jadi itulah dua hal yang dapat menyebabkan ban menjadi benjol sehingga kamu perlu lebih perhatikan kembali tekanan angin pada ban dan tetap berhati-hati saat melewati jalanan berlubang. Namun, jika saat ini ban yang kamu gunakan sudah benjol sebaiknya segera ganti dengan ban yang baru agar tidak membahayakan diri kamu saat berpergian.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan