Beda Salon Mobil dan Auto Detailing

Inilah Perbedaan Salon Mobil dan Auto Detailing

Kamu pasti ingin dong, bagian mobil seperti velg, bodi, eksterior maupun interior kesayangan bersih. Ada bebrapa opsi untuk membersihkan mobil, salah duanya adalah salon mobil dan auto detailing. Saat ini, tak jarang masih banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahui beda salon mobil dengan auto detailing. Nah meskipun terlihat mirip, sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup jelas lho. Mulai dari proses pengerjaan hingga daya tahan kebersihannya. Oleh karena itu, simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Beda Salon Mobil dan Auto Detailing

Dikutip dari beberapa sumber, ternyata beda proses pengerjaan antara salon mobil dengan auto detailing. Nah untuk lebih memahaminya, berikut pemaparan lengkapnya.

Proses Pengerjaan

Pada dasarnya, proses pengerjaan auto detailing terdiri dari beberapa tahapan. Mulai dari tahapan cleaning, yakni mencuci kendaraan tersebut hingga bersih. Selanjutnya, mereka akan melakukan pain correction. Proses ini dilakukan dengan cara compounding, polishing, dan juga glazing. Bahkan, mereka juga akan melakukan maintenance yang bertujuan untuk memberikan perlindungan pada kendaraan tersebut.

Lalu, bagaimana dengan proses pengerjaan di salon mobil ? Umumnya, mereka juga memoles bagian interior dan juga eksterior kendaraan kamu. Namun, pada bagian interiornya mereka hanya akan membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner.

Daya Tahan dan Waktu Pengerjaan

Adapun untuk waktu pengerjaannya, auto detailing bisa dikatakan jauh lebih lama dibandingkan dengan salon mobil. Sebab, proses pengerjaan di salon mobil hanya mencapai tiga lapis dengan durasi sekitar dua sampai tiga jam. Sedangkan untuk proses pengerjaan auto detailing bisa mencapai delapan lapis sehingga menghabiskan waktu minimal tujuh jam.

Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap daya tahan kebersihannya. Umumnya, daya tahan pada salon mobil diklaim mampu bertahan hingga dua sampai tiga bulan. Namun untuk auto detailing, bisa mencapai sembilan atau bahkan satu tahun lho! Akan tetapi, semua itu tergantung dengan produk-produk yang mereka gunakan. Jadi, pastikan untuk datang ke tempat yang terpercaya ya!

Harga

Dalam hal ini, harga yang dibanderol auto detailing akan jauh berbeda. Hal tersebut tentunya, bisa kamu amati dari proses pengerjaan hingga cairan yang digunakannya. Termasuk, juga daya tahan kebersihannya.

Salon mobil umumnya dibanderol mulai dari Rp300-500 ribu sedangkan auto detailing harganya bisa tiga kali lipat dari harga tersebut. Namun yang perlu menjadi catatan bahwa harga ini hanya berupa kisaran. Oleh karena itu, bisa berubah sewaktu-waktu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan