Cara Mencuci Mobil Sendiri yang Benar Selama PPKM

Cara Mencuci Mobil

Cara Mencuci Mobil – Sesuai dengan arahan pemerintah, saat ini ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat se-Jawa-Bali yang mulai diadakan dari 3-20 Juli 2021. Kebijakan ini mengatur kegiatan perkantoran di sektor yang nonesensial diwajibkan untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) 100%.

Aturan ini adalah bentuk antisipasi untuk menekan penyebaran virus Covid-19 yang setiap hari semakin meningkat di Indonesia. Selama di rumah ini, kamu bisa melakukan banyak kegiatan untuk menambah aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mencuci mobil kesayangan.

Dikutip melalui laman resmi Daihatsu, untuk mencuci mobil dengan bak dan benar ada beberapa cara yang harus dilakukan. Selain berfungsi untuk membersihkan kotoran, mencuci mobil juga bisa digunakan untuk menginspeksi apakah cat mengalami masalah atau tidak.

Cara Mencuci Mobil Sendiri Agar Tidak Merusak Cat

Banyak pemilik mobil yang masih menganggap remeh dalam memilih sabun dan juga shampo cuci mobil. Sebagian juga tidak menggunakan air dengan tekanan yang benar pada saat mencuci mobil. Maka dari itu, simak beberapa cara cuci mobil dengan benar agar cat mobil bisa lebih awet lagi di bawah ini.

1. Gunakan Shampo Khusus

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan pada saat mencuci mobil adalah selalu menggunakan shampo sembarangan. Bahkan tak sedikit pemilik mobil menggunakan sabun cuci piring atau deterjen pada proses pencucian. Padahal, hal tersebut tidak lah baik karena bisa membuat cat menjadi kusam hingga tergores.

Untuk kamu ingin mencuci sendiri di rumah, ada baiknya gunakan shampoo khusus cuci mobil yang sudah banyak dijual di pasaran. Gunakan shampo yang memiliki PH atau tingkat keasaman rendah agar cat mobil tidak mudah kusam karena efek asam tersebut.

2. Jangan Cuci di Bawah Terik Matahari

Hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung, hal ini karena akan membuat air yang menempel di bodi akan cepat kering. Dan hal tersebut bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik jamur. Perlu kamu ketahui, jamur adalah musuh terbesar yang wajib dihilangkan dari permukaan bodi mobil. Jamur dapat merusak warna cat mobil menjadi kusam dan tentunya tidak enak dipandang.

3. Lap dari Atas ke Bawah

Tips berikutnya pada saat mencuci mobil adalah dengan memerhatikan gerakan. Tidak banyak yang sadar akan hal ini, padahal apabila dilakukan tentu bisa memberi perbedaan yang signifikan.

Cara mencuci mobil dengan benar dilakukan dengan gerakan yang konstan dari atas ke arah bawah. Jangan gunakan gerakan memutar atau dari bawah ke atas, justru itu akan membuat kotoran semakin menyebar ke permukaan bodi mobil.

4. Bilas Bodi Mobil dengan Air yang Mengalir

Setelah selesai membersihkan mobil dengan sabun, shampoo, sekarang kamu hanya perlu membilasnya dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Lakukan pembilasan ini mulai dari atas lalu lanjutkan ke bagian kaca hingga velg mobil dan ban.

Pembilasan dengan air bersih yang mengalis ini cukup penting karena bisa meminimalisir timbulnya kotoran baru untuk menempel. Jika sudah, lap dengan kain berbulu dan pastikan jendela mobil tidak diturunkan selama proses pengeringan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan