Kategori: Tips Otomotif

Beginilah Cara Menyetir Mobil Agar Irit BBM

Saat ini, harga BBM sudah tidak murah lagi seperti beberapa tahun yang lalu sehingga kamu harus tahu cara menyetir mobil agar irit BBM. Cara menyetir ini perlu diketahui untuk kamu yang menggunakan mobil untuk mobilitas sehari-hari. 

Cara menyetir yang hemat BBM ini juga sering disebut dengan eco driving. Dengan mengetahui dan melakukan cara menyetir tersebut, kamu tidak perlu takut kehabisan uang karena hanya untuk mengisi BBM. 

Selain untuk menghemat BBM, dengan cara menyetir eco driving ini kamu juga sudah membantu untuk menjaga kelestarian lingkungan, loh! Hal ini terjadi karena emisi gas CO2 yang dikeluarkan mobil kamu hanya sedikit.

Ketahui Bagaimana Cara Menyetir Mobil Agar Irit BBM

Memang banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan eco driving ini. Pastinya kamu penasaran bagaimana cara menerapkan eco driving atau menyetir mobil agar irit BBM. Untuk itu kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini.

Pastikan Kondisi Mesin Selalu Prima

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cara menyetir yang hemat bbm atau eco driving, kamu harus memastikan kondisi mesin mobilnya. Sebab, kondisi mobil yang kurang sehat atau bermasalah biasanya konsumsi BBMnya lebih banyak dibandingkan dengan mesin yang prima. Maka dari itu, kamu perlu rajin melakukan service rutin dan berkala.

Lakukan Gas Secara Perlahan

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mulailah menginjak pedal gas secara perlahan. Dengan menginjak pedal gas dengan perlahan akan membuat putaran mesin menjadi konstan. Apabila kamu ingin menambah kecepatan, kamu cukup perlu menginjaknya sedikit lebih dalam saja. Jika kamu menginjak pedal gas terlalu dalam akan membuat aliran konsumsi BBM semakin deras sehingga akan membuat mobil menjadi boros. 

Jaga Putaran Mesin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan menginjak pedal gas secara perlahan bisa menjaga putaran mesin. Jadi, jika kamu ingin berkendara dengan efisien, kamu hanya perlu melakukan gas perlahan saja agar putaran mesin lebih stabil. Biasanya, konsumsi BBM yang hemat namun tetap bertenaga dihasilkan sekitar 2.500—3.000 rpm.

Hindari Akselerasi dan Pengereman Mendadak

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan, hindari akselerasi serta pengereman secara tiba-tiba. Jika kamu membutuhkan tenaga yang lebih untuk menyalip mobil, tetaplah injak pedal gas secara perlahan. Jangan kamu injak terlalu dalam, karena akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

Begitu pula untuk pengereman, ada baiknya kamu melakukan pengereman secara perlahan saja. Hal ini perlu kamu lakukan karena mesin juga membutuhkan tenaga saat deselerasi atau mengurangi kecepatan sampai berhenti. Selain itu, menghindari akselerasi serta pengereman yang tiba-tiba juga termasuk tindakan untuk menjaga keselamatan diri pengemudi dan penumpang.

Gunakan Engine Brake

Kamu juga menggunakan engine brake untuk deselerasi atau mengurangi kecepatan. Engine brake bekerja secara otomatis saat kamu melepaskan kaki dari pedal gas. Efek dari engine brake ini adalah laju mobil yang akan sedikit lambat sehingga kamu tidak perlu menginjak rem. Semakin sering kamu gunakan engine brake ini bisa membuat hemat bahan bakar. Akan tetapi, engine brake lebih aman kamu gunakan ketika jalanan sedang tidak terlalu padat. Jika kondisi jalanan terlalu padat, pastinya kamu akan sulit mengaplikasikannya dan berbahaya.

Pos Terbaru

Cara Pasang Relay Klakson Mobil Dengan Aman

Cara Pasang Relay Klakson Mobil - Klakson adalah sebuah komponen yang memiliki ukuran kecil namun… Read More

19 jam lalu

Komponen Transmisi Otomatis dan Cara Kerjanya

Komponen Transmisi Otomatis - Kendaraan bermotor seperti mobil dengan sistem transmisi otomatis semakin diminati oleh… Read More

20 jam lalu

Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah

Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah - Pernahkah kamu ditilang oleh polisi lalu lintas ketika… Read More

3 hari lalu

Modifikasi Mobil Tua Biar Kekinian & Tampil Keren

Modifikasi Mobil Tua - Dengan banyaknya mobil baru yang beredar di pasaran tak menurunkan popularitas… Read More

3 hari lalu

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Rem Mobil?

Ganti Kampas Rem Mobil - Rem adalah salah satu komponen yang sangat penting yang ada… Read More

4 hari lalu

Modifikasi Mobil Sedan Terbaru 2020

Modifikasi Mobil Sedan - Mobil sedan di Indonesia memiliki kepopulerannya di mata pecinta mobil sedan.… Read More

4 hari lalu